PT Indofood Lirik Kentang Dolok Sanggul, Ini Alasannya

Lahan di Dolok Sanggul, Kabupaten Humbahas dianggap memiliki unsur tanah yang baik.

PT Indofood Lirik Kentang Dolok Sanggul, Ini Alasannya
Tribun Medan/Arjuna
Agro Technical Manager PT Indofood Suranto, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor dan lainnya tinjau lahan pertanian kentang di Desa Parsingguran, Kecamatan Pollung. 

TRIBUN-MEDAN.COM, DOLOKSANGGUL - Lahan di Dolok Sanggul, Kabupaten Humbahas dianggap memiliki unsur tanah yang baik.

Tanah ini dianggap bagus untuk ditanami kentang.

Hal itu membuat Direktur Agro Division PT Indofood Sukses Makmur Tbk Budi Darmadi tertarik melirik Dolok Sanggul untuk dijadikan basis kentang.

Dia datang bersama Agro Technical Manager Suranto dan Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor meninjau lahan pertanian kentang di Desa Parsingguran II Kecamatan Pollung dan di Desa Purba Dolok Kecamatan Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan, Kamis (12/4).

"Tanahnya subur, ketinggian dan unsur tanahnya cukup bagus. Apabila  kentang dipanen, tanahnya tidak lengket di kentang dan tampak bersih. Dengan kondisi tanah ini, penyakit layu agak kurang," ujar Budi.

Baca: ASTAGA! Warga Temukan Tulang Belulang di Pinggir Sungai Brombos

Katanya, PT Indofood akan membuka lahan 5 hektar di Kecamatan Pollung sebagai demplot pada tahap pertama.

Disebutnya, dalam bercocok tanam kentang ini, PT Indofood akan menempatkan tim ahli di Humbang Hasundutan, mulai dari pengolahan tanah, pemupukan sampai panen.

Selain itu, dijanjikannya petani akan dibina. Mulai dari pemilihan bibit dan budidaya, sehingga bisa menghasilkan kentang yang maksimal.  

Dia mengaku, PT Indofood membutuhkan kentang 200 ton/hari dan setiap harinya terus berkembang. Setiap tahun terus meningkat kebutuhan.

Untuk memenuhi kebutuhan bahan baku, maka PT Indofood menjalin kerjasama dengan petani. Sampai saat ini PT Indofood telah menjalin kerjasama dengan 6000 lebih petani di Indonesia. 

Sementara itu Suranto menyebutkan, pengolahan kentang cukup singkat, hanya 7 menit  sudah menjadi bahan jadi seperti keripik yang sudah dibungkus.

Apabila masyarakat serius bercocok tanam kentang ini, maka kehidupan masyarakat akan meningkat.

"Semua hasil panen akan ditampung PT Indofood.  PT Indofood akan menyiapkan bibit tapi dipotong setelah panen. Bibit tidak boleh diperjualbelikan tapi langsung diserahkan kepada masyarakat petani sebagai tanda ikatan," kata Suranto.(*)

Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help