TribunMedan/

Yahya Sebut Desa Penglipuran Bali Sudah Diakui Dunia Sebagai Desa Wisata Terbaik

Tak hanya Menteri Pariwisata,Arief Yahya dan Executive Director UNWTO (Wolrd Tourism Organization) Shanzhong

Yahya Sebut Desa Penglipuran Bali Sudah Diakui Dunia Sebagai Desa Wisata Terbaik

TRIBUN-MEDAN.COM, DENPASAR - Tak hanya Menteri Pariwisata, Arief Yahya dan Executive Director UNWTO (Wolrd Tourism Organization) Shanzhong Zhu saja yang dibuat terpana denganDesa Penglipuran di Bali. Rombongan Famtrip Sabah-Sarawak pun dibuat jatuh cinta oleh Penglipuran.

Desa Wisata yang satu ini memang unik. Keren. Bersih. Artistik. Di 2016 silam, Desa ini masuk ke dalam kelompok desa-desa terbaik dunia. Namanya sejajar dengan Desa Giethoorn di Belanda serta Mawlynnong di India.

Pengakuan dunia ini diulas dalam situ boombastis.com. Dari mulai kebersihan hingga keharmonisan masyarakatnya, Penglipuran dianggap sangat fantastis.

Budaya dan hubungan kekerabatan, kekeluargaan, antar-anggota masyarakat di desa itu fantastis, khas Indonesia yang hidup rukun, damai, saling hormat dan penuh toleransi.

Baca: Ditangkap Di Apartemen, Riza Shahab Positif Narkoba

“Soal desa wisata, Desa Penglipuran, Bali, tempatnya. Ini sudah diakui dunia sebagai desa wisata terbaik dunia," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya, Kamis (29/3).

Kesederhanaan dalam kebersamaan ini memang menjadi daya tarik yang diminati rombongan Famtrip Sabah-Sarawak, Malaysia. Semuanya kompak mengeksplorasi. Kompak mendokumentasikan. Semuanya dibuat terkesima dengan pertamanan dan gerbangnya yang seragam.

Semua dibuat jatuh cinta dengan arsitektur Bali yang terlihat jelas di semua sudut desa yang juga pernah dinobatkan sebagai desa terbersih di dunia itu.

“Destinasinya memang sangat unik. Kehidupan masyarakat, pola komunikasi, mempertahankan tradisi dan budaya lokal, termasuk dalam urusan sosial, komitmen untuk kebersihan bersama, keamanan dan kenyamanan bersama sangat kental dengan nuansa Bali," tuturnya.

Menteri asal Banyuwangi itu memang tak asal bicara. Suasana asri menyambut siapa pun yang berkunjung ke Desa Penglipuran.

Halaman
12
Editor: Silfa Humairah
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help