Manfaat Makan Tempe Ternyata Bisa Hindari Penuaan Dini Hingga Mencegah Kanker Payudara

Tempe adalah hasil olahan kedelai yang paling bermanfaat. Fermentasinya membuat proteinnya menjadi lebih mudah dicerna.

Manfaat Makan Tempe Ternyata Bisa Hindari Penuaan Dini Hingga Mencegah Kanker Payudara
Wikipedia
Tempe (ilustrasi) 

TRIBUN-MEDAN.COM- Tempe adalah hasil olahan kedelai yang paling bermanfaat. Fermentasinya membuat proteinnya menjadi lebih mudah dicerna.

Berdasarkan analisis dari 38 penelitian yang dilakukan tahun 1995, tempeberkhasiat menurunkan total kolesterol, LDL (kolesterol “jahat”), trigliserida, dan meningkatkan HDL (kolesterol “baik”).

Penelitian lain juga menyebutkan bahwa tempe dapat membantu meredakan gejala-gejala menopause dan mencegah osteoporosis.

Kedelai mengandung estrogen tanaman (fitoestrogen) yang diyakini mampu mencegah kanker payudara.

Di dalam tempe juga ditemukan suatu zat antioksidan dalam bentuk isoflavon. Seperti halnya vitamin C, E, dan karotenoid, isoflavon merupakan antioksidan yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menghentikan reaksi pembentukan radikal bebas.

Baca: Simak Pengakuan 3 Pria yang Pernah Melintasi Kawasan Segitiga Bermuda

Dalam kedelai terdapat tiga jenis isoflavon, yaitu daidzein, glisitein, dan genistein.

Pada tempe, di samping ketiga jenis isoflavon tersebut, juga terdapat antioksidan faktor II (67,4-trihidroksi isoflavon) yang mempunyai sifat antioksidan paling kuat dibandingkan dengan isoflavon dalam kedelai.

Antioksidan ini disintesis pada saat terjadinya proses fermentasi kedelai menjadi tempe oleh bakteri Micrococcus luteus dan Coreyne bacterium.

Memurut dr. Phaidon L. Toruan M.M dan dr. Widya Murni, MARS dalam buku mereka Rahasia Terkini Awet Muda (Penerbit Buku Kompas 2012), penuaan (aging) dapat dihambat apabila dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari mengandung antioksidan yang cukup.

Halaman
12
Editor: Silfa Humairah
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help