Home »

Sumut

Pilgub Sumut

Begini Cara Jitu Djarot Supaya Harga Tidak Jatuh saat Petani Panen Raya

Djarot menerangkan, saat ia dan Ahok memimpin Jakarta, ada cara jitu agar harga tidak jatuh dan persediaan tidak langka.

Begini Cara Jitu Djarot Supaya Harga Tidak Jatuh saat Petani Panen Raya
TRIBUN MEDAN/FATAH BAGINDA GORBY
Djarot Saiful Hidayat saat berkunjung ke Kelompok Tani Mulia, Dusun Sidoarjo I, Pasar Miring, Kecamatan Pagar Merbau, Kabupaten Deli Serdang. 

Laporan Wartawan Tribun-Medan, Fatah Baginda Gorby

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Calon Gubernur Sumut Djarot Saiful Hidayat mengatakan,  kedaulatan pangan menjadi hal utama baginya.

Pemaparan masalah pertanian tersebut disampaikan Djarot di hadapan anggota Kelompok Tani Mulia, Dusun Sidoarjo I, Pasar Miring, Kecamatan Pagar Merbau, Kabupaten Deliserdang.

"Kita bicara masalah politik pertanian. Memang masalah petani ini bila panen raya pasti harga gabah jatuh," ujarnya, Senin (16/4/2018).

Tak hanya gabah, komoditas lain seperti cabai, bawang, jagung juga mengalami dampak yang sama bila panen raya terjadi.

Djarot menerangkan, saat ia dan Ahok memimpin Jakarta, ada cara jitu agar harga tidak jatuh dan persediaan tidak langka.

Djarot bercerita saat Bawang dari Brebes dan cabai dari Jawa Barat jatuh karena pasokan berlebih, ia dan Ahok berinisiatif membelinya melalui PD Pasar Jaya.

"Kita menyimpannya tidak menggunakan cool storage, tetapi Controlled Atmosphere Storage agar dapat menyimpan produk dalam jangka waktu lama," tambahnya.

Kemudian, lanjut Djarot pembelian besar-besaran tersebut agar dapat mengendalikan harga dan juga jumlah persediaan.

"Jakarta tidak memiliki lahan pertanian namun memiliki uang, maka kita borong komoditas itu dan kita simpan, agar kita bisa menyalurkan kembali saat permintaan tinggi seperti Ramadan," tambahnya.

Halaman
12
Penulis: Fatah Baginda Gorby Siregar
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help