Home »

Sumut

Terjaring Sidak, Di Lapas Ini Narapidana Menyelundupkan Belasan Ponsel, Untuk Apa?

Kalapas Klas IIA Pematangsiantar, Mananti Sukardi Sianturi memimpin langsung anggotanya, menggelar razia di seluruh kamar di Lapas.

Terjaring Sidak, Di Lapas Ini Narapidana Menyelundupkan Belasan Ponsel, Untuk Apa?
TRIBUN MEDAN/DEDY KURNIAWAN
Belasan ponsel ditemukan petugas Lapas dari kamar warga Binaan Pemasyarakatan Klas IIA Pematangsiantar, Senin (16/4/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.COM, RAYA - Petugas Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Pematangsiantar menggelar razia mendadak demi program Zero Handphone, Pungutan Liar, dan Narkoba (Halinar). Razia ini berlangsung di Lapas yang berlokasi di Jalan Asahan Km 7, Kecamatan Siantar, Senin (16/4/2018)

Razia kali ini sekaligus menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-54. Kalapas Klas IIA Pematangsiantar, Mananti Sukardi Sianturi memimpin langsung anggotanya, menggelar razia di seluruh kamar di Lapas.

Petugas Lapas melakukan penggeledahan satu per satu Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dengan cara dikeluarkan dari kamar, WBP satu persatu dan diperiksa badannya, lalu dikumpulkan. WBP pun kemudian diberi arahan dan nasehat oleh Kalapas, sementara para petugas lainnya melakukan penggeledahan di dalam kamar. Setiap tempat diperiksa dengan teliti oleh petugas, mulai dari lemari, tempat tidur, kamar mandi, plafon atap pun tidak luput dari pemeriksaan.

Alhasil, petugas Lapas mengamankan, belasan alat komunikasi dan charger, power bank. Temuan langsung disita oleh petugas dari masing-masing kamar tahanan dan narapidana. Selanjutnya seluruh barang barang tersebut dimusnahkan oleh petugas dengan cara dibakar, di halaman dalam Lembaga Pemasyarakatan.

"Tekejut juga tadi saya temuan ini. Banyak juga ditemukan. Kegiatan yang termasuk mendadak ini sengaja saya gelar dan tidak saya beritahukan kepada anggota sama sekali. Ini konsistensi kami sebagai petugas Lapas dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi kami untuk mewujudkan program Zero Halinar, Zero Handphone, Zero Pungli, dan Zero Narkoba di Lapas Klas IIA Pematansiantar," ungkap Mananti Sukardi Sianturi.

Dijelaskan Mananti Sukardi, razia seperti ini rutin dilakukan untuk mewujudkan kebiasaan para petugas dan mewujudkan program Zero Halinar di Lapas. Ke depannya razia rutin secara random akan terus dilakukan.

"Mudah-mudahan apa yang sudah menjadi program kerja ini dapat kami wujudkan di Lapas ini, karena ini sudah komitmen kami sebagai petugas lapas. Kegiatan ini menjadi program tetap kami dalam mewujudkan Zero Halinar, untuk bulan ini juga kegiatan kami ini juga dalam rangka menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-54 Tahun 2018 ini. Kegiatan ini adalah bagian dari agenda rangkaian program kerja dalam menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan tersebut yang secara serentak masing-masing rangkain kegiatannya dilaksanakan diseluruh Lapas dan Rutan yang ada diseluruh Indonesia," pungkas Mananti Sukardi Sianturi. (Dyk/tribun-medan.com)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help