Eddy Berutu Yakin Sektor Pertanian Dairi Mampu Serap Tenaga Kerja Lokal

Eddy Berutu berusaha mengembangkan sektor pertanian yang telah ada selama ini untuk dapat mensejahterahkan masyarakat.

Eddy Berutu Yakin Sektor Pertanian Dairi Mampu Serap Tenaga Kerja Lokal
Tribun Medan/Tommy
Calon Bupati Dairi, Eddy Berutu bersama istrinya, Romy Frida Simarmata diikuti wakilnya, Jimmy Sihombing menggunakan becak motor menuju Gedung Nasional Djauli Manik, Minggu (11/3/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Mustaqim Indra Jaya

TRIBUN-MEDAN.com, SIDIKALANG - Kabupaten Dairi dikenal sebagai daerah penghasil beberapa komoditas pertanian seperti tanaman kopi, jagung dan durian. Namun, potensi tersebut belum mampu mengangkat perekonomian masyarakat, terutama dalam hal penyerapan tenaga kerja.

Melihat kondisi tersebut, calon Bupati Dairi Nomor Urut 2, Eddy Keleng Ate Berutu berusaha memanfaatkan dan mengembangkan sektor pertanian yang telah ada selama ini untuk dapat mensejahterahkan masyarakat.

"Dalam kurun waktu 10 sampai 15 tahun terakhir Dairi tertinggal dalam bidang ekonomi. Bahkan daerah ini terasa tersisihkan dibandingkan daerah baru dipersisir Danau Toba. Padahal Dairi unggul dibidang pertanian sejak turun temurun," kata Eddy di Rumah Perjuangan Eddy Berutu, Jalan Panji Siburabura, Sidikalang, Kabupaten Dairi, Rabu (18/4/2018).

Menurutnya keunggulan sektor pertanian itu akan turut dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi. Bila selama ini petani hanya mengenal sistem tanam, panen lalu jual, maka hal tersebut akan dirubah.

"Sistem yang ada di petani saat ini, membuat nilai tambah mereka minim. Jadi kedepannya kita berencana mendirikan pabrik pakan ternak yang lokasinya dekat dengan tempat produksi masyarakat," sebutnya.

Apabila hal itu terwujud, tidak hanya menguntungkan petani saja, tentunya juga masyarakat usia produktif yang dapat dipekerjakan di pabrik pengolahan pakan tersebut.

"Kita banyak memiliki lahan jagung disini. Jika disekitarnya sudah berdiri pabrik-pabrik pengolaha jagung, seperti pakan ternak. Bisa kita ketahui berapa banyak tenaga kerja yang tertampung di sana," ucapnya. (cr8/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved