Waduh. . Kok Bisa? Daftar Pemilih Tetap Deliserdang Berkurang hingga Empat Ribuan Pemilih

Jumlahnya turun 4.778 dari jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang diplenokan KPU Deliserdang pada 16 Maret lalu.

Waduh. . Kok Bisa? Daftar Pemilih Tetap Deliserdang Berkurang hingga Empat Ribuan Pemilih
Komisioner KPU Deliserdang, Arifin Sihombing (kanan) memantau staf KPU yang sedang menyusun APK yang baru saja mereka terima Selasa, (13/3/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Indra Gunawan Sipahutar

TRIBUN-MEDAN.com,LUBUKPAKAM - Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada serentak 2018 di Kabupaten Deliserdang mencapai 1.165.765 pemilih. Jumlahnya turun 4.778 dari jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang diplenokan KPU pada 16 Maret lalu. Untuk DPT pemilih laki-laki jumlahnya sebanyak 579.625 dan pemilih perempuan sebanyak 586140. Hal ini sesuai jumlah hasil pleno KPU Deliserdang yang dilakukan Kamis, (19/4/2018).

Sebelumnya, jumlah DPS ditetapkan sebanyak 1.170.543 dengan rincian pemilih laki-laki 581.406 dan perempuan 589.137.

Pelaksanaan rapat pleno penetapan jumlah DPT ini memakan waktu kurang lebih 4 jam lebih. Hal ini lantaran pihak Panwaslih sempat memberikan masukan kepada KPU agar setiap hasil jumlah yang dibacakan oleh masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dapat dicocokkan dengan data yang dimiliki oleh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). Saat itu Komisioner Panwaslih Deliserdang, Siharlon Simbolon yang datang bersama rekannya Erina Kartika Sari mengatakan hal itu mereka mintakan agar apa yang dikerjakan oleh Panwascam tidak sia-sia. Disebut banyak juga temuan Panwascam dimana masyarakat belum dimasukkan sebelumnya menjadi pemilih.

"Jadi biar bisa kita cocokkan, apakah data yang dimiliki PPK sama dengan Panwas kami. Ya dibukakanlah nama-nama yang telah diusulkan oleh Panwascam sebelumnya kepada PPK. Kitakan mau tau juga apakah ada yang belum dimasukkan atau tidak. Inikan bagian dari keterbukaan informasi juga," ujar Siharlon Simbolon, Kamis (19/4/2018) malam.

Ketika itu Siharlon pun tampak begitu kritis di depan para Komisioner KPU. Pada saat PPK Kutalimbaru membacakan hasil pleno Kecamatan ia pun langsung ingin membuktikan dan menanyakan apakah dirinya sudah masuk di DPT atau belum. Ia pun saat itu membuka dompetnya dan membacakan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Saat itu petugas pun langsung mengecek pada sistem dan kemudian menyebutkan kalau dirinya sudah masuk sebagai pemilih. Raut wajahnya langsung cerah begitu dirinya sudah dipastikan sebagai pemilih.

Apa yang dilakukan oleh Siharlon pun diikuti juga oleh rekannya Erina Kartika Sari dan juga Ketua KPU Deliserdang, Timo Dahlia Daulay. Timo mengatakan punya rasa ragu juga apakah dirinya sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum. Ia baru puas setelah jawaban stafnya melakukan pengecekan dan menyatakan dirinya sudah terdaftar.

"Ya malu jugalah saya kalau seandainya enggak terdaftar. Agak ragu saya tadi," kata Timo. 

Pada saat membacakan hasil pleno, Timo mengatakan, pada pleno penetapan DPT ini jumlahnya memang lebih sedikit dibanding saat pleno DPS. Namun untuk jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS)  bertambah dari sebelumnya. Karena jumlahnya 3.379 yang tersebar di 394 desa dan kelurahan. Pada saat pembacaan pleno diketahui ada beberapa kecamatan yang melaporkan jumlah pemilihnya berkurang dari saat DPS. Hal ini lantaran masih ditemukan kegandaan pemilih. (dra/tribun-medan.com)

Penulis: Indra Gunawan
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help