Berikut Alasan Gak Semua Orang Pulang dari Luar Negeri Boleh Donor Darah

Sudah seharusnya Donor darah menjadi sebuah hal yang bagi setiap orang. Selain bisa menolong kelangsungan hidup orang lain

Berikut Alasan Gak Semua Orang Pulang dari Luar Negeri Boleh Donor Darah
dr Sundari mengenakan berbaju merah, saat memeriksa calon pendonor, sebelum mendonorkan darah. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / M Andimaz Kahfi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Sudah seharusnya Donor darah menjadi sebuah hal yang bagi setiap orang. Selain bisa menolong kelangsungan hidup orang lain, donor darah juga bekhasiat membuat badan lebih baik dan sehat dibandingkan sebelum melakukan donor darah tersebut.

Petugas Dokter dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan, dr Sri Sundari mengatakan orang yang baru pulang dari luar negeri, biasanya tidak disarankan untuk mendonorkan darah.

Kenapa?, karena menurut dr Sundari orang yang biasanya baru pulang dari lingkungan yang endemis atau penyakit-penyakit yang sudah lama ada disuatu tempat. Seperti baru pulang Umroh biasanya tubuhnya di vaksin sebelum berangkat.

Sundari menuturkan kalau menurut literatur setelah satu bulan, sudah bisa dilakukan pengambilan darah, tapi tergantung jenis vaksinnya.

"Biasanya agar lebih aman setelah satu tahun pemberian vaksin, barulah bisa mendonorkan darah. Tapi kalau vaksin Hepatitis akan lama. Karena vaksin itu dalam setahun ada tiga kali pemberian," kata dr Sundari lewat sambungan telepon seluler, Minggu (22/4/2018).

"Yang jelas kalau vaksin menengitis untuk Umroh, biasanya satu bulan sudah hilang dari badannya. Kita sering menolak orang yang baru divaksin mendonorkan darah, agar menghindari hal yang demikian, karena nanti orang lain bisa tertular," jelas Sundari. (cr9/tribun-medan.com).

Penulis: M.Andimaz Kahfi
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help