Pasangan Sofyan-Jamilah Kasasi ke Mahkamah Agung, KPU Deliserdang Langsung Ambil Langkah Ini

KPU tahu tahu Sofyan-Jamilah melakukan upaya hukum Kasasi pada Senin sore.

Pasangan Sofyan-Jamilah Kasasi ke Mahkamah Agung, KPU Deliserdang Langsung Ambil Langkah Ini
TRIBUN MEDAN/ Indra Gunawan
Pasangan Sofyan Nasution dan Jamilah memberikan syarat dukungan mereka ke kantor KPU Deliserdang Kamis, (30/11/2017) 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Indra Gunawan Sipahutar

TRIBUN-MEDAN.com,LUBUKPAKAM-
Bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Deliserdang, Sofyan Nasution dan Jamilah melakukan upaya hukum Kasasi ke Mahkamah Agung atas hasil putusan dari Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN) Medan yang tidak dapat menerima permohonan gugatan yang mereka ajukan. Dalam permohonannya mereka meminta agar KPU Deliserdang dapat menetapkan mereka sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Deliserdang dalam pertarungan di Pilkada serentak 2018. Upaya hukum yang ditempuh ini pun sudah diketahui oleh pihak KPU dan Panwaslih Deliserdang.

Komisioner KPU Deliserdang, Bobby Indra Prayoga mengatakan kalau pihaknya langsung melakukan berkordinasi dengan KPU Provinsi atas kasus ini. Disebut kalau pihaknya tahu Sofyan-Jamilah melakukan upaya hukum Kasasi pada Senin, (23/4/2018) sore. Saat itu mereka pun mendapat pemberitahuan dari website Mahkamah Agung.

"Ya hari ini kita langsung koordinasi sama KPU Provinsi. Selain itu kita juga konsultasi sama tim kuasa hukum kita. Ya gak bisa kita komentari mereka melakukan Kasasi karena memang hak mereka itu ada untuk itu," ujar Bobby Selasa, (24/4/2018).

Ia mengakui ada dampak dari dilakukannya Kasasi oleh Sofyan-Jamilah. Karena hal ini pencetakan kertas suara juga belum bisa dilakukan. Disebut pencetakan kertas suara dapat dilakukan apabila perkara sudah berkekuatan hukum tetap (inkracht). Jika pasangan Ashari Tambunan dan M Ali Yusuf Siregar adalah calon Bupati dan Wakil Bupati yang sudah ditetapkan namun Sofyan dan Jamilah berstatus bakal calon.

"Mengenai kertas suara ini kita konsultasikan nanti sama KPU RI. Ya memang belum bisa dilakukanlah (pencetakan). Kalau sudah begini ya tunggu putusan Kasasi ini lah," kata Bobby.

Hingga saat ini pasangan Ashari-Yusuf Siregar masih satu-satunya calon tunggal di Kabupaten Deliserdang. Kepastian apakah mereka dikemudian hari akan melawan kotak kosong bisa ditentukan setelah adanya putusan Kasasi. (dra/tribun-medan.com).

Penulis: Indra Gunawan
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help