Eddy Berutu Ingin Jadikan Dairi Salah Satu Pusat Agrowisata di Sumut

Kabupaten Dairi diketahui merupakan salah satu daerah di Sumatera Utara memiliki lahan pertanian yang cukup luas

Eddy Berutu Ingin Jadikan Dairi Salah Satu Pusat Agrowisata di Sumut
Calon Bupati Dairi Nomor Urut 2, Eddy Keleng Ate Berutu memperhatikan hasil pertanian gambir yang dimiliki warga di salah satu desa di Kabupaten Dairi. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Mustaqim Indra Jaya

TRIBUN-MEDAN.com, SIDIKALANG - Kabupaten Dairi diketahui merupakan salah satu daerah di Sumatera Utara memiliki lahan pertanian yang cukup luas. Sebagian besar masyarakatnya menggantungkan hidup dengan bertani.

Apalagi, Dairi dikenal sebagai daerah penghasil komoditas seperti Kopi, Durian, Jagung dan aneka tanaman lainnya.

Melihat potensi pertanian tersebut, Calon Bupati Dairi Nomor Urut 2, Eddy Keleng Ate Berutu berencana menjadikan Kabupaten Dairi sebagai salah satu destinasi agrowisata di Sumut.

"Dairi punya potensi pertanian yang luar biasa. Petani kita mempunyai lahan-lahan kopi, jagung dan komoditas unggulan lainnya. Kalau itu kita benahi dengan merangkul petani, saya yakin Dairi bisa dijadikan salah satu destinasi wisata pertanian atau agrowisata di Sumut, bahkan Indonesia. Tentunya pemerintah yang nantinya bertugas mempromosikan agrowisata ini," sebut Eddy Berutu, Jumat (27/4/2018).

Ia pun optimis bila pemerintah dan masyarakat mau bekerja sama, maka tidak hanya akan menarik wisatawan lokal, tetapi juga wisatawan mancanegara.

Hingga akhirnya hasil pertanian unggulan di Kabupaten Dairi dapat dikenal luas dan berpotensi menjadi komoditas eskpor yang memiliki harga jual tinggi.

"Ini yang harus dioptimalkan. Kita harus duduk bersama masyarakat Dairi. Kita beri pemahanan kepada mereka, petani tidak hanya memperoleh uang dari hasil komoditas pertanian saja, kebun atau ladang mereka pun bisa menghasilkan uang, asal ditata ataupun dikemas sedemikian rupa," jelasnya.

Selain agrowisata, Suami dari Romy Frida br Simarmata ini pun berkeyakinan potensi pertanian di Dairi bisa juga dijadikan wisata pendidikan.

"Kalau ini bisa tercapai, praktis masyarakat bisa lebih sejahtera dan tidak mustahil pemerintah dapat meraup pendapatan asli daerah dari potensi wisata pertanian ini," ujar pria yang malang melintang di bidang keuangan tersebut.

Disamping itu, sebagai calon bupati yang berpasangan dengan Jimmy Andrea Lukita Sihombing, Eddy Berutu juga berencana memadukan pertanian dan kebudayaan yang ada di Dairi untuk dijadikan festival tahunan skala nasional.

"Selama ini Sumut cuma dikenal dengan Festival dan Pesta Danau Toba. Saya pikir sudah saatnya Dairi punya festival yang bisa dikenal luas karena potensi pertanian dan kebudayaan. Jadi tidak hanya Taman Iman saja tempat wisata di Dairi," pungkasnya.

(cr8/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Silfa Humairah
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help