Menteri Harapkan Kolaborasi Pendidikan dan Kebudayaan di Daerah, Ini Jawaban Bupati Pakpak Bharat

Bupati Pakpak Bharat, Remigo Yolando Berutu mengaku setuju dengan kebijakan tersebut.

Menteri Harapkan Kolaborasi Pendidikan dan Kebudayaan di Daerah, Ini Jawaban Bupati Pakpak Bharat
TRIBUN MEDAN/MUSTAQIM INDRA JAYA
Bunda Paud,Made Tirta Kusuma Dewi menyerahkan piala kepada salah satu siswa SMP yang memenangi perlombaan tingkat Kabupaten Pakpak Bharat di Lapangan Napasengkut, Kecamatan Salak, Rabu (2/5/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Mustaqim Indra Jaya

TRIBUN-MEDAN.com, PAKPAKBHARAT - Bupati Pakpak Bharat, Remigo Yolando Berutu membacakan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhajir Effendy dalam upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Lapangan Napasengkut, Kecamatan Salak, Kabupaten Pakpak Bharat, Rabu (2/5/2018).

Disebutkan dalam pembacaan itu, Muhajir mengharapkan adanya kolaborasi antara dunia pendidikan dengan kebudayaan di setiap daerah di Indonesia.

Menanggapi hal itu, Remigo mengaku setuju dengan kebijakan tersebut. Menurutnya, pendidikan dan kebudayaan merupakan sesuatu yang tidak bisa terpisahkan.

"Saya sepakat dengan amanat pak menteri yaitu kolaborasi pendidikan dan kebudayaan. Di Pakpak Bharat pendidikan sudah selesai, karena ada institusi formal mulai dari tingkat SD hingga SMA untuk tempat belajar. Untuk kebudayaan sudah kita kedepankan di pendidikan muatan lokal, sehingga anak mengetahui sejarah budaya, bahasa, tarian dan lagu daerahnya," jelasnya.

Selain itu, Pemkab Pakpak Bharat juga tengah mengembangkan pendidikan informal dengan memberdayakan sanggar untuj dimanfaatkan masyarakat, khususnya generasi muda.

"Banyak kelompok tari, kelompok budaya yang sudah dibina pemerintah diharapkan tumbuh dan nantinya dapat mandiri. Sehingga kedepannya beban APBD kita bisa berkurang, tapi tanpa mengurangi penyebaran ataupun pendalaman budaya di masyarakat," ungkapnya.

Bahkan, Pemkab Pakpak Bharat akan terus mendukung program kompetisi ilmiah, olahraga dan budaya demi memacu prestasi siswa-siswi di kabupaten tersebut.

"Ya kita akan terus buat perlombaan science, perlombaan olahraga dan pelombaan budaya, supaya anak-anak kita terpacu intelegensinyadan bakatnya," pungkasnya.

(cr8/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved