Suhardi alias Ai Diadili karena Memperdagangkan Oli Federal yang Tak Sesuai Mutu Asli

Saat membacakan dakwaannya, JPU Aisyah Setiawati yang menyidangkan kasus ini menguraikan kronologi terjadinya dugaan tindak pidana

Suhardi alias Ai Diadili karena Memperdagangkan Oli Federal yang Tak Sesuai Mutu Asli
TRIBUN MEDAN/CHANDRA
Suhardi Sujarwolau alias Ai saat menjalani sidang di PN Medan, Kamis (3/5/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Chandra Simarmata

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Suhardi Sujarwolau alias Ai selaku terdakwa dalam kasus dugaan memperdagangkan dan pemalsuan hak merek dan materai Federal Oil harus diadili.

Atas kasusnya tersebut, Suhardi Sujarwolau alias Ai selaku terdakwa dalam kasus dugaan memperdagangkan dan pemalsuan hak merek dan materai Federal Oil menjalani persidangan perdana dengan agenda pembacaan dakwaan oleh Penuntut Umum dari Kejati Sumut di Ruang Sidang Cakra 6, Pengadilan Negeri (PN) Medan, Kamis (3/5/2028).

Sidang dengan nomor perkara 1130/Pid.B/2018/PN Mdn tersebut dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim, Marsudin Nainggolan.

"Terdakwa saat ini tidak ditahan, namun apabila dianggap mengganggu proses persidangan dapat dilakukan penahanan," ujar Marsudin sebelum dakwaan dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Saat membacakan dakwaannya, JPU Aisyah Setiawati yang menyidangkan kasus ini menguraikan kronologi terjadinya dugaan tindak pidana hingga adanya laporan Polisi yang dilakukan oleh PT. Federal Karyatama selaku pihak yang dirugikan.

Dalam dakwaan pertamanya, JPU dari Kejati Sumut itu menyebutkan kalau terdakwa telah memperdagangkan Oli Ultratech yang tidak sesuai mutu berdasarkan hasil Laboratorium.

"Terdakwa telah memperdagangkan Oli Ultratech yang tidak sesuai mutu berdasarkan hasil Laboratorium," ujar JPU di muka sidang.

Kemudian dalam dakwaan keduanya, JPU menyebutkan bahwa terdakwa Suhardi dapat dikategorikan melakukan tindak pidana merek.

"Menurut saksi ahli Nova Susanti, oli yang menggunakan merek Federal Oil Ultratech yang diduga hasil pelanggaran tersebut mempunyai persamaan pada pokoknya dengan merek Federal Oil Ultratech Nomor IDM 000279300 untuk barang sejenis maka terhadap seseorang yang memproduksi dan/atau memperdagangkan barang yang memiliki persamaan pada pokoknya dengan merek terdaftar maka dapat dikategorikan melakukan tindak pidana merek," ucapnya di muka persidangan.

Halaman
123
Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help