Rumah Instan Antigempa Efektif saat Bencana

pelatihan tersebut bekerjasama dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman

Rumah Instan Antigempa Efektif saat Bencana
Tribun Medan
Foto bersama di sela-sela pelatihan perakitan rumah Risha di Medan, Sabtu (5/5/2018). 

TRIBUN-MEDAN.com-MEDAN - PT Putra Sumatera Lestari mengadakan Pelatihan Perakitan dan Pembuatan Rumah Teknologi Risha.

Direktur PT Putra Sumatera Lestari, Edison Silaban saat ditemui Tribun, mengatakan, pelatihan diadakan selama tiga hari dan selama pelatihan banyak materi yang diberikan mulai dari pemahaman apa itu Risha, penempatan, hingga pembuatan serta cara perakitannya.

"Saat ini kita ingin jadi aplikatornya karena dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memiliki program Rumah Instan Sederhana Sehat atau yang disingkat dengan Risha," ujarnya, Sabtu (5/5/2018).

Baca: Pemkab Deliserdang Gelar Upacara Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional 2018

Ia menjelaskan, Risha merupakan rumah antigempa untuk pembangunan bencana terutama bencana gempa.

"Jadi kita mengajukan kepada pusat pelatihannya untuk menjadi aplikator nantinya. Misalnya ada tender untuk pemasangan khusus Risha ini harus ditunjuk aplikator yang sudah dilatih dan sudah mendapatkan sertifikasi," jelasnya.

Ia menerangkan, oleh karena itu, dalam rangka sertifikasi tersebut maka diadakan pelatihan tersebut yang bekerjasama dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman tersebut.

"Di pelatihan ini juga sekalian dibuat rumah contoh dari rumah Risha tersebut. Kalau Rumah Rishanya sudah banyak dibangun dan untuk di Sumatera Utara (Sumut) saat ini aplikatornya masih dua dan diharapkan bisa bertambah lagi," terangnya.

Ia menuturkan, PT Putra Sumatera Lestari ingin mengajukan sebagai aplikator yang ketiga untuk di Sumut tersebut. Salah satu caranya untuk menjadi aplikator tersebut adalah dengan pelatihan.
"Karena pada dasarnya ketika ada proyek pengadaan bencana, maka yang disyaratkan yang mengerjakan Rumah Risha tersebut adalah yang memiliki sertifikat Risha tersebut," tuturnya.

Penulis: Ayu Prasandi
Editor: Eti Wahyuni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help