Warga Desa Kuta Gambir Minim Jaminan Kesehatan, Ini Tanggapan Eddy Berutu

Eddy Keleng Ate Berutu dalam setiap kampanye selalu menyampaikan akan membagikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada masyarakat

Warga Desa Kuta Gambir Minim Jaminan Kesehatan, Ini Tanggapan Eddy Berutu
TRIBUN MEDAN/ Mustaqim Indra Jaya
Kaum ibu di Desa Kuta Gambir, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi menghadiri kampanye Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Dairi Nomor Urut 2, Eddy Berutu-Jimmy Sihombing, Senin (7/5/2018). 

Warga Desa Kuta Gambir Minim Jaminan Kesehatan, Ini Tanggapan Eddy Berutu

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Mustaqim Indra Jaya

TRIBUN-MEDAN.com, SIDIKALANG - Sejumlah warga di Desa Kuta Gambir, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, mengaku tak pernah mendapat jaminan kesehatan seperti BPJS Kesehatan dan lainnya.

Sehingga ketika warga mengalami sakit dan harus berobat ke Puskesmas ataupun rumah sakit harus membayar biaya dokter. Selain itu, warga juga harus mengeluarkan biaya tambahan bila ingin menebus obat dari resep dokter.

"Ya selama ini, kalau keluarga ada yang sakit atau anak sakit dan terpaksa dibawa ke rumah sakit ya bayar lah. Belum lagi obatnya," ujar seorang ibu bernama Anju br Siahaan, Senin (7/5/2018).

Ketika ditanya soal kepesertaan BPJS Kesehatan seperti Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) ataupun Kartu Indonesia Sehat (KIS), Anju mengaku tak pernah mengetahui sama sekali.

"Nggak ada, nggak ada yang pernah nawari mau itu pemerintah atau siapapun itu," ungkapnya.

Sebagai masyarakat kelas bawah, wanita yang mengaku sebagai pedagang di Pasar Sidikalang ini sangat berharap menjadi bagian dari program yang dinilai meringankan beban masyarakat.

"Kalau memang ada programnya, segera realisasikan lah. Jadi kalau ada yang sakit nggak waswas lagi kami. Asal betul-betul, nanti udah ada kartunya tetap bayar juga kami, sama aja," sebutnya.

Serupa dengan br Siahaan, Rosmini juga mengaku belum pernah mendapat perhatian dari pemerintah dalam bidang jaminan kesehatan. Menurutnya, pengobatan bagi keluarganya yang tengah sakit akan dilakukan secara tradisional.

Halaman
12
Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Joseph W Ginting
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help