Antisipasi Bom, Kapolres Siantar Kerahkan 125 Personel Pengamanan Gereja

Polisi bersama satuan brimob mengamankan gereja-gereja yang memiliki banyak jemaat.

Antisipasi Bom, Kapolres Siantar Kerahkan 125 Personel Pengamanan Gereja
TRIBUN MEDAN/TOMMY SIMATUPANG
Personel polisi mengamankan gereja di Kecamatan Siantar Selatan, Minggu. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Tommy Simatupang

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Pasca serangan bom di tiga gereja di Surabaya, Polres Pematangsiantar melakukan pengamanan di seluruh gereja. Polisi bersama satuan brimob mengamankan gereja-gereja yang memiliki banyak jemaat.

Pantauan tribun-medan.com, patroli polisi juga terus melintas di jalan-jalan guna menjaga kekondusifan Kota Pematangsiantar. Beberapa tempat yang mendapat penjagaan seperti Gereja HKBP Resort Pematangsiantar, Gereja Katolik St Laurentius, Gereja Penyebaran Injil, GKPI Suka Pardamean, GPdI Maranatha, HKBP Mahanaim, GPI, HKBP, HKI Immanuel. Para jemaat juga tetap antusias mengikuti ibadah.

Kapolres Siantar AKBP Doddy Hermawan, mengatakan pihaknya menurunkan sebanyak 125 personil dibantu dengan du Batalyon B Satbrimobda Sumut dalam mengamankan gereja yang ada di Kota Siantar.

AKBP Doddy mengungkapkan pengamanan lebih ditingkatkan untuk menjaga kekondusifan pasca kejadian bom di Gereja Surabaya.

"Antisipasi, kita kerahkan 125 personil perketat pengamanan gereja. Kita siaga satu," tegas Doddy.

Doddy juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak takut terhadap ancaman teroris.

"Jika ada orang yang tak dikenal yang gelagatnya mencurigakan segera melaporkan ke kami dan polsek-polsek terdekat," tandas Kapolres.

Senada dengan itu, Kapolsek Siantar Marihat AKP Rudi Lapian, saat ditemui di Gereja HKBP Jalan Cornel Simanjuntak mengatakan pihaknya melakukan pengawasan lebih insentif seperti pada setiap minggunya.

"Setiap hari Minggu kita tetap melakukan pengamanan dan pasca peledakan bom ini kita lebih intensif dalam hal pengawasan untuk memberikan kenyamanan pada jemaat yang melaksanakan ibadah," kata Lapian.

Ditambahkan Lapian, Polsek Siantar Marihat menempatkan 6 orang personil pengaman Gereja, 2 personil berpakaian dinas dan 2 berpakaian preman (non dinas). Selain penjagaan di Gereja, juga tetap kita lakukan pengamanan dengan sistem patroli

Kapolsek Siantar Selatan Iptu Rudi Panjaitan saat ditemui di HKBP Resort Jalan Gereja, mengatakan penjagaan dimaksimalkan di beberapa titik-titik Gereja wilayah hukum Siantar Selatan.

"Ada 6 personil yang menjaga titik-titik gereja di Siantar Selatan. Semua berkeliling silih berganti mengawas gereja," kata Rudi.

Terpisah, Kasubbag Humas Polres Siantar Iptu Resbon Gultom, menegaskan Polres Siantar berstatus siaga satu.

"Menempatkan 5 personil, di lokasi gereja dengan jumlah jemaat yang banyak, dan 2 personil bagi jemaat gereja yang jemaatnya lebih sedikit," pungkasnya. (tmy/tribun-medan.com).

Penulis: Tommy Simatupang
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help