Home »

Sport

415 Pelajar Ikuti Seleksi Atlet Masuk PPLP

Sebanyak 415 pelajar se-Sumatera Utara mengikuti seleksi masuk menjadi atlet binaan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP)

415 Pelajar Ikuti Seleksi Atlet Masuk PPLP
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut, Baharuddin Siagian dan Wakil ketua KONI Sumut Prof Agung Sunarno berfoto bersama atlet dalam seleksi masuk PPLP Sumut. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Sebanyak 415 pelajar se-Sumatera Utara mengikuti seleksi masuk menjadi atlet binaan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) di tahun 2018 di Gedung PPLP Sumut, Jalan Sekolah Pembangunan, Medan Sunggal, Minggu (13/5).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora)  Sumut, Baharuddin Siagian mengatakan jumlah peserta seleksi tahun ini meningkat 100 persen dibanding tahun lalu.  Ke-145 pelajar ini berasal dari 26 kabupaten dan kota di Sumut.

"Peningkatan ini membuktikan bahwa pengcab - pengcab cabor di kabupaten dan kota telah merespon baik niat pemerintah dalam membina atlet terbaik yang diproyeksikan menuju ajang nasional," katanya.

Dikatakan Baharuddin, peningkatan jumlah peserta ini akan berdampak positif pasalnya banyaknya peserta seleksi akan memudahkan tim juri menentukan atlet terbaik dari yang terbaik yang bakal menjadi atlet unggulan pada PON tahun 2024 mendatang. 

Baca: Persiapan Hadapi PON 2024, Dispora Sumut ingin Setiap Bapopsi Kaputen/Kota Punya PPLPD Unggulan

"Atlet yang diproyeksikan Sumut untuk tampil di PON tahun 2024 adalah pelajar yang ikut seleksi saat ini dan usianya masih 16 hingga 17 tahun. Kita berharap golden egg mereka tentu di enam tahun ke depan," ujarnya.

Setelah diseleksi, kata Baharuddin, Dispora Sumut akan melakukan data base atlet yang nantinya tamat dari PPLP, untuk selanjutnya dibina melalui PPLM. Setelah itu masuk ke program PSE dari KONI Sumut. 

Baharduddin mengatakan, lewat seleksi ini, prestasi Sumut di PON tahun 2024 lebih baik dari sebelumnya. Baharuddin tidak ingin prestasi para atlet pelajar terputus ketika selesai menamatkan dari PPLP.

"Setelah mereka tamat dari sini (PPLP), akan kita kumpulkan dalam satu wadah. Termasuk bagi mereka yang melanjutkan pendidikan di Unimed kita masukkan ke PPLM daerah. Jadi, alumni PPLP yang potensial kita bina lagi supaya tidak kemana - mana dan prestasinya tidak terganggu. Karena pembinaan olahraga tidak boleh terputus melainkan berkesinambungan," ujarnya.

Baca: Targetkan 40 Medali Emas, Kadispora Sumut Persiapkan Atlet Binaan PPLP Menuju PON 2024

Baharuddin menambahkan, seleksi tahun ini murni tidak ada atlet titipan. Pihaknya juga tidak akan memaksakan kuota untuk tiap cabor jika tidak ada peserta yang memenuhi klasifikasi dari standar yang ditetapkan pelatih.

"Kepada seluruh juri di masing - masing cabor agar meluluskan atlet yang benar - benar potensial dengan penilaian secara arif dan bijaksana," katanya.

 Seleksi kali ini dibuka untuk 10 dari 11 cabang olahraga binaan PPLP Sumut. Ke-10 cabor yakni gulat, sepakbola, karate, angkat besi, wushu, judo, voli, atletik, pencak silat, dan taekwondo. Mereka yang lolos nantinya akan menggantikan atlet PPLP yang tahun ini tamat dari pendidikan SMA. Proses seleksi terdiri dari tahapan tes administrasi, tes kecabangan, tes fisik, kesehatan, dan psikotes. Tes kecabangan berlangsung di masing - masing venue yang tersebar di sejumlah lokasi.(*)

Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help