Terus Didemo, Ketua DPRD Isyaratkan Bentuk Pansus Hak Angket Wali Kota Siantar

"Tanggal 25 kita rapat. Nanti kita lihat apa yang berkembang. Ya (pembentukan hak angket) semua pimpinan fraksi dan dewan," katanya.

Terus Didemo, Ketua DPRD Isyaratkan Bentuk Pansus Hak Angket Wali Kota Siantar
TRIBUN MEDAN/TOMMY SIMATUPANG
Ketua DPRD Pematangsiantar, Marulitua Hutapea saat ditemui di Kantornya, Senin (14/5/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Tommy Simatupang

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Ketua DPRD Pematangsiantar, Marulitua Hutapea memastikan pada tanggal 25 Mei seluruh pimpinan fraksi dan anggota dewan akan melakukan rapat untuk membahas persoalan penistaan Suku Simalungun. Marulitua juga memastikan nantinya akan dibentuk panitia khusus (Pansus) Hak Angket Wali Kota Pematangsiantar, Hefriansyah.

"Tanggal 25 kita rapat. Nanti kita lihat apa yang berkembang. Ya (pembentukan hak angket) semua pimpinan fraksi dan dewan," katanya di Kantor Wali Kota Pematangsiantar, Senin (14/5/2018).

Marulitua menilai persoalam yang telah berjalan cukup panjang ini bagaikan api dalam sekam. Ia juga membantah ada komunikasi politik antara dia dengan Hefriansyah.

Saat disinggung apakah menurutnya, Hefriansyah melakukan penisataan Suku Simalungun, Marulitua melihat ada hal tersebut. Namun, ia enggan bicara banyak.

"Ya kalau kita bicara itu ada memang. Ini ibarat api dalam sekam. Ada pembiaran (Wali Kota) sehingga melebar. DPRD bukan mengulur-ulur waktu. Ini sekarang kan kita tanggapi. Inilah sikap DPRD,"ujarnya.

Marulitua juga mengaku sudah kewalahan dengan aksi yang mengatasnamakan Suku Simalungun.

"Artinya kita sudah memediasi. Mereka sudah tak membuka diri lagi. Semua sudah sepakat,"tambahnya.

Seperti diketahui, masa yang tergabung dari Gerakan Sapangembei Manotok Hitei dan Petua Maujana Simalungun melakukan aksi kesekian kali untuk pemakzulan Wali Kota Pematangsiantar, Hefriansyah.

Mereka menuntut Hefriansyah untuk memerhatikan budaya Simalungun di Siantar. Seperti, pembangunan Tugu Sang Nawalu, menjadikan nama pahlawan Suku Simalingun sebagai nama jalan, dan mengutamakan ciri-ciri Simalungun di bernagai kegiatan dan bangunan di Pematangsiantar. (tmy/tribun-medan.com)

Penulis: Tommy Simatupang
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help