BMKG Prediksi Hujan akan Turun Selama Bulan Ramadan

Syahnan menuturkan bahwa musim penghujan terjadi karena pada sejak Mei 2018 sudah memasuki awal musim penghujan

BMKG Prediksi Hujan akan Turun Selama Bulan Ramadan
Tribun Medan / M Andimaz Kahfi
BMKG Prediksi Hujan Akan Turun Selama Bulan Ramadan 

Laporan Wartawan Tribun Medan / M Andimaz Kahfi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kepala Bidang Data dan Informasi Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) wilayah 1 Medan, Syahnan menyatakan bahwa hujan akan terjadi selama Bulan Ramadhan.

"Dari data yang kita peroleh, selama bulan Ramadan musim hujan akan terjadi di Sumut," kata Syahnan, Selasa (15/5/2018).

Syahnan menuturkan bahwa musim penghujan terjadi karena pada sejak Mei 2018 sudah memasuki awal musim penghujan dan akan berakhir pada Juni 2018 mendatang. Jadi memang memasuki bulan Ramadan nanti, hujan akan terus berlangsung.

"Awal Mei masuk musim hujan bertepatan pada bulan puasa. Namun, kondisi itu akan berakhir pada Juni mendatang karena sudah mulai memasuki musim panas," ungkap Syahnan.

Syahnan menjelaskan bahwa melihat kondisi Sinoptiknya, daerah pertemuan angin terdapat di Sumatera Utara. Dimana, angin di perairan Sumatera bagian Utara umumnya bertiup dari Barat daya hingga Barat laut. Angin bertiup dengan kecepatan antara 2 knot hingga 10 knot, kecuali Selat Malaka angin bertiup dari Timur laut hingga Tenggara dengan kecepatan antara 2 knot hingga 8 knot.

"Kita menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada pada saat musim hujan. Terutama masyarakat yang tinggal di daerah pinggiran aliran sungai untuk mewaspadai jika sewaktu-waktu curah hujan tinggi menyebabkan luapan air sungai," jelas Syahnan.

(cr9/tribun-medan.com)

Penulis: M.Andimaz Kahfi
Editor: Joseph W Ginting
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help