Lawan Teroris

Mata dan Telinga Polisi Terbatas, Ini Harapan Kapolres Pakpak Bharat untuk Masyarakat

Sampai saat ini wilayah Pakpak Bharat masih aman terkendali. Pakpak Bharat masih kondusif. Tapi saya harap kita tetap waspada

Mata dan Telinga Polisi Terbatas, Ini Harapan Kapolres Pakpak Bharat untuk Masyarakat
Tribun Medan/ Mustaqim Indra Jaya
Kapolres Pakpak Bharat, AKBP Ganda Saragih saat menyampaikan paparan di dalam pertemuan koordinasi lintas sektoral membahas bahaya terorisme di Bale Sada Arih, Pemkab Pakpak Bharat, Rabu (16/5/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Mustaqim Indra Jaya

TRIBUN-MEDAN.com, SALAK - Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Pakpak Bharat, AKBP Ganda Saragih menyatakan hingga saat ini wilayah hukumnya masih aman terkendali dari bahaya terorisme.

Hal itu disampaikan Ganda dalam kegiatan koordinasi lintas sektoral dan deklarasi penandatanganan komitmen keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di Bale Sada Arih Pemkab Pakpak Bharat, Rabu (16/5/2018).

"Sampai saat ini wilayah Pakpak Bharat masih aman terkendali. Pakpak Bharat masih kondusif. Tapi saya harap kita tetap waspada," kata Ganda.

Menurutnya, kewaspadaan sangat penting, sebab pelaku teror bukan berasal dari mereka yang memiliki kesulitan secara ekonomi atau rasa frustasi. Tetapi mereka yang secara pemikiran telah diracuni dengan ideologi yang bertentangan dengan Pancasila.

"Pelaku teror yang belakangan ini muncul merupakan sel-sel yang telah lama tidur. Mereka bukan berarti sepaham tetapi, tetapi mempunyai pemahaman yang sama. Mereka tidak lagi berasal dari latar belakang masyarakat yang putus asa. ," sebut mantan Kasat Res Narkoba Polrestabes Medan itu.

Ia meyakini para pelaku teror disejumlah wilayah di Indonesia adalah mereka yang telah berafilisiasi dengan ISIS. Untuk itu diperlukan kerja sama antar stakeholder demi mengantisipasi kemunculan teroris di Pakpak Bharat.

"Mari kita persempit ruang gerak mereka. Bila kami mulai meningkatkan patroli dan penjagaan, tapi mata telinga kami terbatas. Maka saya harap masyarakat bisa menghidupkan lagi siskamling. Pastikan seluruh pendatang di lingkungan kita harus dikenakan wajib lapor. Semua itu demi keamanan dan kenyamanan masyarakat kita," imbaunya.

Hal senada disampaikan Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0206, Mayor Inf Danial Pandia yang mengaku turut berpartispasi melakukan pengamanan dan patroli di lingkungan masyarakat.

"Pertajam mata dan telinga. Demi kenyamanan masyarakat Pakpak Bharat ini. Kami akan turut tingkatkan patroli demi menjaga keamanan," pungkasnya.

(cr8/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help