Home »

Sumut

Nurul Hikmah: Masjid Tertua Laksanakan Pembacaan Alquran 1 Juz Tiap Malam

Masjid Nurul Hikmah yang berada di Jalan Cipto, Kota Pematangsiantar menjadi tujuan jamaah untuk menjalani

Nurul Hikmah: Masjid Tertua Laksanakan Pembacaan Alquran 1 Juz Tiap Malam

Laporan Wartawan Tribun Medan / Tommy Simatupang

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Masjid Nurul Hikmah yang berada di Jalan Cipto, Kota Pematangsiantar menjadi tujuan jamaah untuk menjalani sholat atau pun bersantai menunggu jam berbuka puasa. Dinding tebal masjid yang berwarna hijau ini merupakan masjid tertua nomor dua di Kota Pematangsiantar. Setelah Masjid Raya Siantar.

Hamzah Purba sekretaris pengurus saat berbincang dengan tribun-medan.com, Masjid Nurul Hikmah ini berdiri sekitar tahun 1920-an oleh Said Marican keturunan Maroko dan India. Hamzah Purba juga menjelaskan masjid ini juga dimanfaat sebagai pondok Hafiz yang menampung 14 siswa.

Masjid Nurul Hikmah yang ukuranya tidak begitu besar diketahui belum pernah mendapatkan renovasi. Struktur bangunan seperti kusen, pintu, teras, dan ornamennya masih sama seperti tahun 1920-an.

Menariknya saat Bulan Ramadan, seperti kebiasaan yang dilakukan selama 50 tahun, pengurus masjid akan menyediakan makanan bagi siapa saja yang datang ke masjid saat jam berbuka puasa. Makanan yang disajikan juga bubur dengan sop ayam.

"Di sini yang menjadi ciri khas saat puasa yakni saat berbuka itu menyiapkan bubur dengan sop. Ini sudah terjadi sejak 50 tahun lalu. Siapa saja boleh datang dan gratis,"ungkapnya, Kamis (17/5/2018).

Selain menyediakan bubur pada saat Bulan Ramadan, kegiatan tarawih juga berbeda dengan masjid lainnya. Kata Hamzah, kegiatan Tarawih melaksanakn pembacaan Alquran 1 Juz satu malam.

"Yg istimewa lagi Tarawih di sini mendirikan 20 Rakaat, 1 malam 1 juz. Cuma masjid ini yang melaksanakan ini,"ujarnya.

Hamzah yang telah mengurus Masji Nurul Hikmah mengatakan ada empat ustaz yang melayani, yakni Ustaz Maulana Muhammad Arham Al-Hafiz, Ustaz Wahid Al-Hafiz, Ustaz Abdul Rahim, dan Ustaz Nur Wahid Al-Hafiz.

(tmy/tribun-medan.com)

Penulis: Tommy Simatupang
Editor: Silfa Humairah
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help