Home »

Sumut

Pemuda-pemudi Juhar Gelar Gendang Guro-Guro Aron Untuk Melepas Rindu

Untuk mempererat tali persaudaraan satu dengan lainnya, pemuda-pemudi asal Desa Juhar yang menamakan

Pemuda-pemudi Juhar Gelar Gendang Guro-Guro Aron Untuk Melepas Rindu

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Sally Siahaan

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN- Untuk mempererat tali persaudaraan satu dengan lainnya, pemuda-pemudi asal Desa Juhar yang menamakan diri sebagai Perkumpulan Pemuda-pemudi Juhar Simbelang Medan dan sekitarnya (PJJ-Ms) menggelar acara Gendang Guro-guro Aron.

Kegiatan ini digelar selama dua hari, 12-13 Mei 2018 di Jambur Halilintar, Padang Bulan Medan.

Dengan membawakan tema Mburo Ate Tedeh (Melepas Rindu), Ketua PJJ-Ms Paska Pebruanta Tarigan mengatakan acara ini menjadi ajang melepaskan rindu karena lama tidak menyelenggarakan acara semacam ini.

“Ini menjadi kerinduan kami dari PJJ-Ms, karena hampir 8 tahun kami tidak pernah buat acara,” ujarnya, Rabu (16/4/2018)

Ia menuturkan, selama ini banyak pemuda-pemudi asal Desa Juhar yang merantau ke kota Medan tidak saling mengenal. Karenanya, PJJ-Ms yang menjadi satu wadah perkumpulan menggelar acara ini.

Baca: Akhyar Curhat, Rumah Orangtuanya Pernah Digunakan Densus 88 Intai Terduga Teroris

Tujuannya, agar tercipta satu hubungan baik ditengah masyarakat Desa Juhar di Kota Medan.

Jambur Halilintar pada malam minggu lalu begitu ramainya didatangi oleh muda-mudi bersuku Karo. Diperkirakan sekitar dua ribu orang datang untuk turut serta menyaksikan acara kesenian tradisional masyarakat Karo ini. Paska mengatakan, bahkan beberapa pengunjung pun sampai keluar saking ramainya tempat itu.

“Desa Juhar itu desa yang paling luas. Sampai-sampai kepala desanya ada 4 orang. Banyak pemuda-pemudi desa Juhar yang sudah pergi merantau. Itulah alasannya kenapa kami menyelenggarakan acara ini sampai dua hari,” ucapnya.

Acara Gendang Guro-guro Aron ini dibuka dengan penyampaian kata sambutan oleh tua-tua adat Desa Juhar, empat orang kepala desa, Suheri Tarigan, Relly Pinem, Kalvin Ginting, Putra Ginting, juga sejumlah organisasi pemuda Karo lainnya.

Halaman
123
Penulis: Sally Siahaan
Editor: Silfa Humairah
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help