Warga Desa Bandar Setia Protes Pemerintah Bangun Jalan Melintasi Pemakaman

Pembangunannya itu disebut berdampak kepada akan dipindahkannya lokasi area ribuan pemakaman yang ada di desa itu.

Warga Desa Bandar Setia Protes Pemerintah Bangun Jalan Melintasi Pemakaman
Tribun Medan / Indra Gunawan Sipahutar
Pemakaman di Desa Bandar Setia Kecamatan Percut Seituan Kamis, (17/5/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Indra Gunawan Sipahutar

TRIBUN-MEDAN.com,LUBUKPAKAM-Kepala Desa Bandar Setia Kecamatan Percut Seituan, Sugiato mengakui kalau saat ini terjadi keresahan pada warganya. Hal ini lantaran adanya pembangunan jalan lingkar utara yang akan dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di kawasan Kabupaten Deliserdang dan akan tembus menuju jalan arteri bandara Kualanamu.

Pembangunannya itu disebut berdampak kepada akan dipindahkannya lokasi area ribuan pemakaman yang ada di desa itu.

" Ya ada masyarakat yang setuju dan ada yang tidak jika pemakaman dipindahkan. Jumlah pemakaman di lokasi yang akan dibuat jalan itu ada juga sekitar kurang lebih 2500 kuburan. Ya banyak lah memang jumlahnya karena sudah lama itu kuburan. Harapan masyarakat itu ya kalau bisa dielakkan atau dibelokkan pembangunan jalan itu nanti dan tidak terkena area pemakaman,"ujar Sugiato Kamis, (17/5/2018).

Ia mengakui kalau saat ini masyarakat sudah ada membentangkan poster besar di sekitar area pemakaman dengan tulisan protes keras rencana pemindahan. Dianggap kalau tanah kuburan wakaf itu merupakan tempat pemakaman leluhur mereka.

Sugiato menyebut saat tahun 2017 sudah pernah pihak Balai Jalan melakukan sosialisasi ke desanya namun hingga 2018 sampai sekarang belum pernah ada lagi.

" Kita juga memang dari Pemerintah Desa belum pernah mengumpulkan masyarakat karena memang sampai saat ini pihak Balai Jalan pun sudah tidak ada tindaklanjut lagi. Sejak 2018 sudah gak pernah datang lagi. Kalau yang kita pernah kumpulkan itu ya baru tokoh masyarakat saja tapi itupun sudah lama dan membahas soal rumah-rumah yang akan terkena dampak pembangunan,"kata Sugiato.

(dra/tribun-medan.com)

Penulis: Indra Gunawan
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help