Ternyata Ada di Indonesia, Pulau Ini tanpa Polusi dan Polisi

Ia terus berbicara tentang keindahan Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang bertetangga dengan destinasi wisata legenda Bali

Ternyata Ada di Indonesia, Pulau Ini tanpa Polusi dan Polisi
TRIBUN MEDAN
Wisatawan menikmati sunset (matahari terbenam) dengan menunggangi kuda di pantai Gili Trawangan, Lombok 

TRIBUN-MEDAN.COM - Pulau tanpa polusi dan polisi. Demikian ucapan guiding yang merupakan seorang pria berusia sekitar 50-an tahun mengusik pikiran saya.

Ia terus berbicara tentang keindahan Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang secara geografis sebenarnya bertetangga dengan destinasi wisata legenda Pulau Dewata, Bali.

"Pagi ini kita akan menuju Gili Trawangan, pulau tanpa kendaraan. Bebas polusi dan polisi," demikian ucapan pria tadi, yang merupakan guiding rombongan Media Gathering Telkomsel 2018.

Air laut berwarna biru langit menyambut kami saat turun dari speed boats. Kebetulan, saat sampai di sini rombongan Media Gathering menginap di Hotel Vila Ombak, yang menyediakan dermaga kecil.

Toko penjual suvenir milik warga lokal Gili Trawangan
Toko penjual suvenir milik warga lokal Gili Trawangan (TRIBUN MEDAN)

"Selamat datang di Gili Trawangan. Ini adalah salah satu gili yang ada di Lombok. Selain Trawangan, ada dua gili lagi, yakni Gili Air dan Gili Meno. Gili dalam bahasa lokal bermakna pulau," ucap guiding.

Darinya Tribun mendapatkan informasi bahwa dari tiga gili, Trawangan adalah yang paling indah. Maka tak heran banyak wisatawan asing berkunjung ke sini.

Baca: Sambut Ramadan, Telkomsel Bagi Takjil Kurma 23 Ton

Baca: Jangan Buang Nomor yang telah Terblokir, Telkomsel Imbau Pelanggan Registrasi Ulang ke Grapari

Meski masih didominasi wisatawan domestik, pelancong asal Australia, Inggris, India, Eropa, Tiongkok, Singapura, Malaysia dan lain-lain, ramai berlibur di sini.

Gili Trawangan sebenarnya tak begitu luas. Jika dikalibrasi dengan Medan, Trawangan sekitar satu kecamatan saja. Namun soal fasilitas tak perlu diragukan. Semua ada di sini.

Sejumlah kursi santai tersusun rapi di bibir pantai Gili Trawangan, Lombok
Sejumlah kursi santai tersusun rapi di bibir pantai Gili Trawangan, Lombok (TRIBUN MEDAN)

"Perlahan-lahan Gili Trawangan menjadi destinasi favorit dunia. Untuk mengimbanginnya pemerintah daerah telah melengkapi sejumlah fasilitas, semisal anjungan tunai mandiri (ATM) berbagai bank termasuk money changer," ujar seorang pekerja hotel saat berbincang-bincang dengan Tribun.

Selain fasilitas untuk persoalan uang, masyarakat lokal termasuk pemerintah pun sepertinya satu suara, yakni memahami apa yang dibutuhkan turis. Maka jangan heran di sepanjang tepi laut berjajar hotel, vila, cottage serta kafe-kafe yang disulap bak surga dunia memanjakan siapa saja yang berkunjung.

Halaman
12
Penulis: Irfan Azmi Silalahi
Editor: Irfan Azmi Silalahi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help