Ramadan 1439 H

Masjid Azizi, Peninggalan Kesultanan Islam di Bumi Bertuah Langkat

Serambi dan teras masjid dilengkapi dengan pilar penyanggah dan lengkungan khas Timur Tengah.

Masjid Azizi, Peninggalan Kesultanan Islam di Bumi Bertuah Langkat
TRIBUN MEDAN/DEDY KURNIAWAN
Masjid Azizi di Tanjung Pura, Kabupaten Langkat.

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

 

TRIBUN-MEDAN.COM, LANGKAT - Masjid Azizi merupakan bangunan bersejarah peninggalan Kesultanan Islam Deli yang berada di jalan Lintas Tanjung Pura, Kabupaten Langkat.

Baca: Masjid Raya Al Osmani Labuhan Deli Rutin Gelar Nuzulul Quran

Masjid yang di bangun oleh Sultan Musa Al-Muazzam Syah pada tahun 1899, dan diresmikan oleh anaknya, yaitu Sultan Azis Djalil Rachmat Syah pada tahun 1902, menjadi saksi bisu pengembangan agama Islam di Langkat.

Nazir Masjid Azizi, Awaluddin, mengatakan, Masjid Azizi satu di antara masjid kebanggaan Masyarakat Langkat. Ia membenarkan bahwa pertama kali dibangun oleh prakarsa dari Sultan Musa, yang kemudian diresmikan oleh Sultan Azis Djalil Rachmat Syah.

Baca: Indahnya Arsitekstur Masjid Al Ikhlas Hamparan Perak, Tak Disangka Dulunya Hanya Musala

Sultan Musa mendapat saran dari Syeikh Abdul Wahab Babussalam. 

"Penyelesaian Masjid Azizi ini pada tahun 1902. Usai dibangun langsung diresmikan oleh Sultan Abdul Aziz Rachmat Syah, yang tujuannya untuk beribadah bagi umat Muslim," katanya, Kamis (24/5/2018)

Baca: Masjid Aceh Sepakat Sediakan 1.000 Porsi Makanan Berbuka Setiap Hari

Dijelaskannya bahwa , Masjid Azizi berdiri atas anjuran Syekh Abdul Wahab Babussalam pada masa pemerintahan Sultan Musa alAl-Muazzamsyah. Mulai dibangun pada tahun 1899.

Namun Sultan Musa wafat sebelum pembangunan masjid selesai. Pembangunan diteruskan oleh putranya yang bergelar Sultan Abdul Aziz Djalil Rachmat Syah (Sultan Langkat ke-7) yang memimpin periode 1897-1927.

"Masjid Azizi diresmikan bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan peringatan perubahan Kerajaan menjadi kesultanan Langkat pada tanggal 12 Rabiul Awal 1320H, pada 13 Juni 1902. Dinamai Masjid Azizi sesuai dengan nama Sultan Abdul Aziz Djalil Rachmat Syah," katanya. 

Baca: Percepat Pembangunan Masjid Agung Medan, BKM Lakukan Hal Ini

Halaman
12
Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved