Miris, Motor Sport Honda CBR250RR Baru 1 Unit yang Diekspor Utuh Selama Tahun Ini!

Berdasarkan data AISI, ekspor CBR250RR hanya satu unit pada Januari 2018, selebihnya kosong.

Miris, Motor Sport Honda CBR250RR Baru 1 Unit yang Diekspor Utuh Selama Tahun Ini!
KompasOtomotif-donny apriliananda
Honda CBR250RR. 

TRIBUN-MEDAN.com - Merek Honda, masih menjadi penguasa absolut pasar otomotif dalam negeri. Mereka berhasil menggenggam pasar sampai 75 persen pada Januari-April 2018, dengan total 1.527.795 unit.

Kedudukannya sulit digoyah, apalagi ada jarak cukup jauh dari market challenger atau Yamaha.Merek berlambang garpu tala saja, hanya mendapat jatah 22,3 persen (454.726 unit) atau berada diposisi kedua.

Namun tak semua model yang ditawarkan AHM sukses. 

Seperti kisah Model flagship Astra Honda Motor (AHM) CBR250RR, yang hingga kini belum mampu mendongkrak kinerja ekspor, meski Indonesia sudah berstatus basis produksi.

Sampai saat ini, motor sport fairing ini baru diekspor secara terurai (CKD) ke Jepang saja sejak tahun lalu.

Jumlah negeri tujuan ekspor masih belum bergerak alias baru ke Negeri Sakura saja, dan belum ada penambahan wilayah baru. Pengiriman ke sana juga dalam kondisi teruai (CKD), di mana pada sepanjang 2017, mencapai 6.000 unit.

“Tempat lainnya kami sedang penjajakan, semestinya bisa. Jadi kita melalui Jepang, kemudian (dari Jepang) baru ekspor ke tempat-tempat lainnya,” ujar David Budiono, Production, Engineering, and Procurement Director AHM kepada KOMPAS.com, Senin (21/5/2018).

Saat ditanyakan, apakah memungkinkan ekspor dilakukan langsung dari Indonesia?

David menjawab, pihaknya butuh persiapan terlebih dahulu, misalnya terkait dengan penyesuaian standar emisi yang berlaku di negara tujuan.

KompasOtomotif saat mencoba mencari kecepatan maksimal di trek lurus 600 meter Proving Ground Bridgestone, Karawang, Jawa Barat.

KompasOtomotif saat mencoba mencari kecepatan maksimal di trek lurus 600 meter Proving Ground Bridgestone, Karawang, Jawa Barat.(Istimewa-Indra GT)
Halaman
12
Editor: Tariden Turnip
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved