Minim Tamatan SLTA, KPUD Dairi Sarankan Ini dalam Perekrutan KPPS

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Dairi melakukan pemantauan ke 15 Kecamatan

Minim Tamatan SLTA, KPUD Dairi Sarankan Ini dalam Perekrutan KPPS

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Mustaqim Indra Jaya

TRIBUN-MEDAN.com, SIDIKALANG - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Dairi melakukan pemantauan ke 15 Kecamatan di Kabupaten Dairi terkait proses perekrutan tenaga Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Utara dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 27 Juni 2018 mendatang.

Komisioner KPUD Dairi, Jenny Ester Pandiangan mengatakan berdasarkan pemantauan itu, beberapa ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) menyampaikan masih ada desa yang kekurangan pelamar untuk tenaga KPPS karena warganya minim berpendidikan akhir SLTA.

"Saat kami lakukan monitoring ke sejumlah desa di 15 Kecamatan yang ada di Kabupaten Dairi untuk mengecek langsung perekrutan KPPA, beberapa ketua PPS yang melakukan perekrutan mengaku kekurangan pelamar karena keterbatasan SDM yang tamat SLTA," ungkap Jenny, Minggu (27/5/2018).

Untuk melengkapi satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) terdiri dari tujuh tenaga KPPS, maka KPUD Dairi kemudian berpedoman kepada Peraturan KPU (PKPU) No 3 tahun 2018 tentang Pembentukan dan tmTata Kerja PPK, PPS dan KPPS dalam Penyelenggaraan Pemilh.

"Kalau memang benar sudah tidak ada yang lulus SLTA, maka seperti yang termuat di PKPU, maka orang yang tahu baca, tulis dan hitung bisa direkrut dengan syarat yang bersangkutan membuat surat pernyataan," jelas Jenny.

Adapun desa yang kekurangan pelamar tenaga KPPS karena kendala jenjang pendidikan yaitu diantaranya berada di Kecamatan Tanah Pinem, Siempat Nempu Hilir, Pegagan Hilir dan Silahi Sabungan.

"Rata-rata warga di sana yang telah tamat SMA lebih memilih merantau untuj melanjutkan pendidikan ataupun mencari pekerjaan," sebutnya.

Sementara pemantauan perekrutan tenaga KPPS di 15 Kecamatan yang dilakukan KPUD Dairi dilakukan selama tiga hari, mulai Rabu (23/5/2018) sampai dengan Jumat (25/5/2018).

(cr8/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Silfa Humairah
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help