Prihatin Banyak Orang Tak Mengenal Pakpak, Dosen Ini Tak Menyia-nyiakan Dunia Maya, Simak Aksinya!

Dia memanfaatkan dunia maya untuk mengenalkan Pakpak dan mempersatukan orang Pakpak di seluruh dunia.

Prihatin Banyak Orang Tak Mengenal Pakpak, Dosen Ini Tak Menyia-nyiakan Dunia Maya, Simak Aksinya!
TRIBUN MEDAN/HO
Lister Berutu dan keluarga saat mengenakan pakaian adat Pakpak 

Laporan Wartawan Tribun/Septrina Ayu Simanjorang

TRIBUN-MEDAN.com-MEDAN - Berawal dari keprihatinanya karena tidak terlalu banyak orang yang mengenal Pakpak, Lister Berutu, dosen di jurusan Antropologi ini, banyak menulis buku tentang suku, budaya, dan masyarakat Pakpak.

Kemajuan dunia digital, tidak disia-siakan olehnya. Dia memanfaatkan dunia maya untuk mengenalkan Pakpak dan mempersatukan orang Pakpak di seluruh dunia.

Dari situlah grup facebook Perkumpulan Peduli Budaya Pakpak bermula.

Hingga kini, grup Facebook dengan nama Perkumpulan Peduli Budaya Pakpak yang dibikin Lister sejak 2013 sudah diikuti 12 ribuan akun Facebook.

“Hingga hari ini sudah ada 12.323 orang anggota di komunitas ini. Tidak hanya di dunia maya, kami sudah membuat acara rutin di dunia nyata tiga tahun belakangan ini. Setiap tahun mereka melaksanakan acara di Kota Medan ini. Tahun lalu, peserta yang mengikuti acara ini 400 orang lebih,” jelas Lister.

Acara yang dilaksanakan selama dua hari itu, berisi lomba stand up comedi, lomba tari kreasi, lomba bermain kalondang yakni alat musik pukul khas Pakpak, lomba vokal odong-odong atau bernanyi berkelompok.

Selain lomba mereka juga melaksanakan pasar tradisional dimana semua barang yang dijual merupakan makanan atau barang yang khas dari Pakpak.

Implementasi dari keperduliannya ini pun dituangkan dalam sebuah rumah di Jalan Lembang Kersih, Desa Kecupak, Kabupaten Pakpak Bharat.

Rumah itu dinamakan Rumah Mpistar, atau dalam bahasa Indonesia berarti rumah pintar.

Halaman
123
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help