Sediakan Mobil Keliling, Bank Indonesia Permudah Penukaran Uang Pecahan untuk Lebaran

Bank Indonesia juga menyediakan mobil khas keliling untuk mempermudah penukaran uang.

Sediakan Mobil Keliling, Bank Indonesia Permudah Penukaran Uang Pecahan untuk Lebaran
TRIBUN MEDAN/M ANDIMAZ
Bank Indonesia Permudah Penukaran Uang dengan menyediakan Mobil Keliling. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / M Andimaz Kahfi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Selain menyediakan tempat penukaran Uang Pecahan Kecil (UPK) di Lapangan Benteng Medan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah tahun ini, Bank Indonesia juga menyediakan mobil khas keliling untuk mempermudah penukaran uang.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Arief Budi Santoso mengatakan bagi masyarakat yang ingin melakukan penukaran UPK tidak perlu berdesak-desakan, karena semuanya akan dilayani dengan baik.

Karena telah disediakan UPK di delapan instansi dan delapan pasar tradisional.

“Saya sarankan masyarakat lakukan penukaran di Bank Indonesia dan loket-loket resmi, karena jika di luar itu kita tidak bisa menjamin, mulai dari jumlah dan keaslian uangnya,” kata Budi, Rabu (30/5/2018).

Ia menambahkan, bahwa adanya peredaran uang palsu karena banyak oknum yang memanfaatkan ketidaktahuan masyarakat akan keaslian uang rupiah.

Bank Indonesia secara rutin tetap memberikan penjelaskan tentang ciri khas dari uang Rupiah. Baik saat mengedarkan dan penukaran, Bank Indonesia selalu menginformasikan keaslian uang rupiah kepada masyarakat.

"Untuk Hari Raya Idul Fitri tahun ini Bank Indonesia Perwakilan Sumut menyiapkan uang Rp 4,1 triliun, Rp 300 miliar di antaranya uang pecahan kecil, Rp 3,8 triliun uang pecahan besar, pecahan Rp 100.000 dan Rp 50.000. Uang pecahan kecil yang disediakan Bank Indonesia mulai dari pecahan Rp 2 ribu, Rp 5 ribu, Rp 10 ribu dan Rp 20 ribu," ungkap Budi.

Lanjut, jika masyarakat menukarkan sebanyak jumlah yang ditentukan, yaitu Rp 5,6 juta, maka akan mendapatkan uang pecahan kecil Rp 20 ribu satu pack, Rp 10 ribu dua pack, Rp 5 ribu satupack, dan Rp 2 ribu tiga pack. Karena per hari untuk per orang hanya diperbolehkan menukar uang pecahan kecil sebesar Rp 5,6 juta.

"Jumlah ini dinaikkan dari sebelumnya yang hanya Rp 3,7 juta. Loket penukaran uang pecahan kecil ini buka mulai pukul 08.30 WIB hingga 13.00 WIB,” pungkas Budi. (cr9/tribun-medan.com)

Penulis: M.Andimaz Kahfi
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help