Ini Amanah KPUD Dairi saat Melantik Petugas KPPS Batang Beruh

Veryanto Sitohang dihadapan KPPS yang dilantik menegaskan pentingnya pemahaman regulasi ketika bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ini Amanah KPUD Dairi saat Melantik Petugas KPPS Batang Beruh
TRIBUN MEDAN/MUSTAQIM
Suasana pelantikan petugas KPPS di Balai Kelurahan Batang Beruh, Sabtu (2/6/2018) kemarin 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Mustaqim Indra Jaya

TRIBUN-MEDAN.com, SIDIKALANG - Panitia Pemungutan Suara (PPS) mulai resmi melantik Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang bertugas untuk Pilkada Dairi dan Pilgub Sumut yang akan berlangsung pada 27 Juni 2018 mendatang.

Beberapa pelantikan tersebut dihadiri langsung oleh komisioner KPUD Dairi, di antaranya Veryanto Sitohang, Hartono Maha dan Jenny Ester Pandiangan.

Veryanto Sitohang dihadapan KPPS yang dilantik menegaskan pentingnya pemahaman regulasi ketika bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada saat hari pencoblosan berlangsung.

"Pastikan seluruh masyarakat bisa menerima apa yang kita kerjakan, jangan pernah berintepretasi bebas. Sepanjang kita menjalankan sesuai aturan, jangan pernah khawatir bila menghadapi gugatan dari masyarakat, panwas ataupun saksi paslon," kata Veryanto di Balai Kelurahan Batang Beruh, Sabtu (2/6/2018) kemarin.

Ia pun menekankan pentingnya petugas KPPS mengetahui dan memahami siapa saja masyarakat yang bisa menggunakan hak suaranya di TPS untuk Pilkada Dairi dan Pilgub Sumut 2018.

"Yang boleh datang ke TPS dan yang berhak memberikan hak suara adalah mereka yang terdaftar di DPT dan mempunyai KTP dan Suket. Ini mutlak dan tidak boleh ada tawar menawar. Itu dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB. Sedangkan masyarakat yang terdaftar di DPKTb baru bisa memilih pukul 12.00 WIB sampai dengan 13.00 WIB. Ini harus benar-benar diperhatikan," jelasnya.

Menurutnya hal-hal diatas harus benar-benar menjadi perhatian bagi seluruh petugas KPPS demi pelaksanaan Pilkada yang sukses dan damai, mulai dari penyelenggaraan hingga jumlah partisipasi pemilih yang datang ke TPS.

(cr8/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help