DPT Kabupaten Dairi akan Diperbaiki, Ini Alasannya Menurut KPU

Dampaknya Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Dairi yang telah ditetapkan berjumlah 174.907 orang akan mengalami perbaikan.

DPT Kabupaten Dairi akan Diperbaiki, Ini Alasannya Menurut KPU
Ketua KPUD Dairi, Sudiarman Manik
Ketua KPUD Dairi, Sudiarman Manik (kiri) dan anggota KPUD Dairi Divisi Data, Hartono Maha. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Mustaqim Indra Jaya

TRIBUN-MEDAN.com, SIDIKALANG - Kesadaran masyarakat Kabupaten Dairi untuk melakukan pengurusan kartu identitas diri di Dinaa Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Dairi dalam beberapa bulan terakhir semakin meningkat.

Dampaknya Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Dairi yang telah ditetapkan berjumlah 174.907 orang pada Kamis (19/4/2018) lalu akan mengalami perbaikan.

Komisioner KPUD Dairi Divisi Data, Hartono Maha menjelaskan perbaikan itu dilakukan setelah KPU RI mengirimkan surat edaran No 529 tentang hasil pencermatan pemilih potensial non e-KTP (A.C-KWK).

"Pascapenetapan DPT lalu, ada sekitat 18 ribu pemilih potensial non e-KTP yang kita kirimkan melalui Sidalih (Sistem Data Pemilih). Dan pada 23 Mei 2018 kami terima hasilnya dan langsung dikoordinasikan kepada tim pemenangan pasangan calon bupati dan gubernur," ungkap Hartono, Rabu (6/6/2018).

Hingga akhirnya dilakukan pertemuan antara KPUD Dairi, Panwaslih Dairi, Tim Pemenangan Bupati Dairi dan Gubernur Sumut serta perwakilan Disdukcapil di sekretariat KPUD Dairi Jalan Palapa No 5 Sidikalang.

"Dari pertemuan itu dan dijelaskan. Semua menyetujui perbaikan DPT ini. Rencananya perbaikan DPT itu akan diplenokan pada Sabtu (9/6/2018) ini," kata Hartono.

Sementara, bila usai penetapan DPT itu, masyarakat yang melakukan perekaman e-KTP hingga 26 Juni 2018 akan dimasukan ke dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

Selain itu, bertambahnya DPT Kabupaten Dairi 2018, praktis berimbas kepada jumlah surat suara yang akan dibutuhkan untuk Pilkada Dairi dan Pilgub Sumut.

"Ya pastinya dengan penambahan ini maka surat suara kita tak memenuhi. Jadi kemungkinan kita akan melakukan pleno untuk penambahan logistik atau bisa saja menggeser pemilih ke TPS terdekat yang surat suaranya memadai," ucap Ketua KPUD Dairi, Sudiarman Manik.

(cr8/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help