Menjelang Lebaran, Satgas Pangan Sumut Kembali Lakukan Monitoring Harga        

Memasuki H-7 menjelang Lebaran, Satuan Gabungan (Satgas) Pangan Sumatera Utara (Sumut) kembali melakukan

Menjelang Lebaran, Satgas Pangan Sumut Kembali Lakukan Monitoring Harga           
Satgas Pangan Sumut 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Ayu Prasandi

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN- Memasuki H-7 menjelang Lebaran, Satuan Gabungan (Satgas) Pangan Sumatera Utara (Sumut) kembali melakukan monitoring harga kebutuhan pokok.

 Monitoring dilakukan oleh tiga tim dengan tujuan beberapa pasar tradisional, peternak atau rumah potong hewan dan juga gudang penyimpanan sembako.

 Ketua Satgas Pangan Sumut, Kompol Roman Smaradhana Elhaj saat ditemui disela-sela kegiatan monitoring, mengatakan, monitoring yang dilakukan adalah monitoring lanjutan dari sebelumnya.

 “Tim Satgas Pangan sejak pasca Natal dan Tahun baru lalu sudah melakukan beberapa langkah untuk mengantisipasi adanya kenaikan kebutuhan pokok dan diteruskan untuk memantau harga mendekati Lebaran,” ujarnya, Kamis (7/6/2018).

 Ia menjelaskan, Satgas Pangan dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sumut telah melakukan beberapa langkah seperti rapat kordinasi yang melibatkan dinas terkait dan pelaku usaha yang kemudian dilanjutkan dengan melakukan pemantauan dan monitoring langsung.

“Mendekati Lebaran, tim Satgas juga kembali melakukan rapat kordinasi dan juga memonitoring langsung harga kebutuhan pokok di pasar-pasar tradisional, peternakan, dan juga gudang-gudang penyimpanan sembako,” jelas Kasubdit I Indag Direskrimsus Polda Sumut tersebut.

Ia menerangkan, mendekati Lebaran maka berkordinasi untuk melakukan pengawasan dan monitoring ke pasar-pasar tradisional yang telah ditentukan ada semakin gencar dilakukan.

 “Hasil monitoring setiap hari sampai saat ini harga kebutuhan pokok masih stabil, malah daya beli masyarakat yang mengalami penurunan,” terangnya.

Ia menuturkan, apalagi Lebaran kali ini libur panjang dan kemungkinan mendekati hari H akan terjadi peningkatan daya beli masyarakat.

 “Hingga saat ini semua berjalan stabil serta stok juga tersedia sehingga masyarakat tidak perlu takut dengan adanya kenaikan harga kebutuhan pokok,” tuturnya.

 Ia mengungkapkan, Tim Satgas beserta TPID fokus untuk memonitoring harga dari sembilan bahan kebutuhan pokok.

“Melakukan monitoring untuk seembilan bahan kebutuhan pokok yang memang telah ditentukan harga eceran tertingginya,” ungkapnya.

Ia berharap, mendekati Lebaran ini semua kondusif, stok pangan ada dan tidak terjadi lonjakan dan harga kebutuhan pokok di pasar tetap stabil.

(pra/tribun-medan.com)

Penulis: Ayu Prasandi
Editor: Silfa Humairah
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help