Penukaran Uang Pecahan Kecil di Lapangan Benteng Mencapai Rp 14,1 Miliar

Arief Budi Santoso,mengatakan, sementara untuk jumlah penukaran uang pecahan kecil di pasar sudah Rp 1,1 miliar

Penukaran Uang Pecahan Kecil di Lapangan Benteng Mencapai Rp 14,1 Miliar
Tribun Medan/Ayu Prasandi
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumut, Arief Budi Santoso saat memantau kegiatan penukaran uang pecahan di Lapangan Benteng Medan, Kamis (7/6/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Ayu Prasandi

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN-Bank Indonesia mencatat hingga Rabu (6/6/2018) malam untuk di Lapangan Benteng Medan penukaran uang pecahan kecil untuk kebutuhan Lebaran sudah mencapai Rp 14,1 miliar.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumut, Arief Budi Santoso, mengatakan, sementara untuk jumlah penukaran uang pecahan kecil di pasar sudah Rp 1,1 miliar dan di loket-loket bank umum sebesar Rp 215,6 miliar.

“Kemudian juga penukaran uang pecahan kecil tersebut di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) hingga Rabu (6/6/2018) sudah mencapai Rp 3,5 miliar,” ujarnya saat ditemui disela-sela kegiatan memantau langsung penukaran uang pecahan di Lapangan Benteng Medan, Kamis (7/6/2018).

Ia menjelaskan, sementara itu, untuk penukaran uang pecahan kecil yang dilakukan di beberapa instansi dengan menggunakan mobil khas keliling sudah mencapai Rp 2 miliar transaksi.

“Respon masyarakat untuk penukaran uang pecahan tahun ini memang terbilang stabil atau sama dari tahun lalu dan di tahun ini diberikan per orang Rp 5,6 juta, tetapi memang tidak semuanya akan menukarkan sebanyak itu,” jelasnya.

Ia menerangkan, penukaran uang pecahan kecil yang dilakukan Bank Indonesia di Lapangan Benteng akan berlangsung hanya sampai tanggal 7 Juni 2018 saja dengan syarat penukaran hanya menunjukkan KTP.

“Dengan persyaratan yang diminta seperti KTP tersebut memudahkan masyarakat sehingga tidak perlu repot melakukan penukaran di tempat lain,” terangnya.

Ia menuturkan, untuk penukaran di Lapangan Benteng sudah dilakukan oleh 4.345 orang dan untuk instansi telah dilakukan di 10 instansi. Masyarakat lebih membutuhkan dan menyukai penukaran Rp 2 ribu, Rp 5 ribu dan Rp 10 ribu.

“Ini menjadi satu rangkaian dari kegiatan-kegiatan penukaran uang yang sudah dilakukan Bank Indonesia sejak awal. Bahwa di awal sudah saya sampaikan di Ramadan dan Lebaran tahun ini Bank Indonesia dan perbankan sepenuhnya membantu kebutuhan masyarakat akan kebutuhan uang pecahan,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, Bank Indonesia sudah menyiapkan total Rp 4,1 triliun naik 15 persen dari tahun sebelumnya yaitu Rp 3,7 triliun. Dari Rp 4,1 triliun tersebut, Rp 3 miliar di antaranya untuk keperluan uang pecahan kecil untuk Lebaran.

“Penukaran ini dilakukan di beberapa tempat, tak hanya di Lapangan Benteng tetapi juga dipasar-pasar, instansi dan juga di loket-loket bank umum termasuk BPR. Secara keseluruhan ada di 96 titik layanan,” ungkapnya.

(pra/tribun-medan. com)

Penulis: Ayu Prasandi
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help