1.088 Surat Suara Pilkada Dairi Rusak, Ini Harapan KPU kepada Perusahaan Percetakan

Penemuan itu dilakukan, setelah dilakukan penyortiran dan pelipatan kertas surat suara oleh 103 mahasiswa.

1.088 Surat Suara Pilkada Dairi Rusak, Ini Harapan KPU kepada Perusahaan Percetakan
TRIBUN MEDAN/MUSTAQIM INDRA JAYA
Ketua KPUD Dairi, Sudiarman Manik (pakai peci) dan aparat kepolisian melihat langsung kotak berisi surat suara Pilkada Dairi 2018 yang tiba pada Selasa (5/6/2018) lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Mustaqim Indra Jaya

TRIBUN-MEDAN.com, SIDIKALANG - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Dairi menemukan sebanyak 1.088 lembar surat suara untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Dairi 2018 rusak dan tak layak pakai.

Penemuan itu dilakukan, setelah dilakukan penyortiran dan pelipatan kertas surat suara oleh 103 mahasiswa di Gedung Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Ikhlas (STAIS) Dairi, Jalan Mesjid, Sidikalang selama tiga hari, 7-9 Juni 2018.

"Dari hasil penyortiran kemarin, ditemukan 1.088 lembar surat suara tak bisa digunakan untuk Pilkada 27 Juni 2018 nanti, dikarenakan kertas surat suaranya koyak dan tinta warna di kertas surat suara merusak cetakan gambar," jelas Ketua KPUD Dairi, Sudiarman Manik, di ruang kerjanya, Senin (11/6/2018).

Akibat kerusakan itu, Sudiarman menjelaskan KPUD Dairi mengalami kekurangan surat suara. Sehingga pihaknya akan menyampaikan hal tersebut ke percetakan yang berada di Bekasi.

"Besok (Selasa) bagian pengadaan akan kembali mengorder ke percetakan yang sama," ujarnya.

Ia berharap percetakan yang mencetak surat suara untuk Pilkada Dairi tidak melakukan kesalahan pencetakan, agar kebutuhan surat suara di Pilkada Dairi 2018 tercukupi.

Apalagi, hari pencoblosan semakin mendekati, sehingga KPUD Dairi membutuhkan waktu pengepakkan untuk mendistribusikan logistik Pilkada Dairi ke 680 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 15 Kecamatan di Kabupaten Dairi

"Harapkan begitu sampai ke KPU tidak ada lagi yang rusak. Karena ini sudah emergency. Begitu turun sudah siap pakai," sebutnya.

(cr8/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help