Bau Busuk Enceng Gondok di Danau Toba, Protes Warga: Dibersihkan tapi Tak Diangkut!

Tumbuhan enceng gondok memang tumbuh banyak di Kawasan Danau Toba. Tumbuhan ini membuat Danau Toba tampak kotor.

Bau Busuk Enceng Gondok di Danau Toba, Protes Warga: Dibersihkan tapi Tak Diangkut!
TRIBUN MEDAN/TOMMY SIMATUPANG
Seorang warga yang menggunakan perahu sedang melintas di tumpukan enceng gondok Danau Toba di Jalan Jalan Siburakburak, Kelurahan Tigaraja, Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Parapat, Senin (11/6/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Tommy Simatupang

TRIBUN-MEDAN.com, PARAPAT - Tumpukan tumbuhan enceng gondok bekas pencabutan berserakan di pinggiran Danau Toba, Jalan Siburakburak, Kelurahan Tigaraja, Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Parapat, Senin (11/6/2018). Enceng gondok yang sudah membusuk tersebut pun mengeluarkan bau.

Tumbuhan enceng gondok memang tumbuh banyak di Kawasan Danau Toba. Tumbuhan ini membuat Danau Toba tampak kotor.

Apalagi, lokasi tersebut berada di pinggir joging track atau tempat masyarakat melakukan aktivitas olahraga. Tumpukan enceng gondok yang sudah membusuk itu berserak sepanjang 200 meter di pinggiran Danau Toba.

Menurut S Sialagan, warga yang tinggal di daerah tersebut mengatakan tumpukan enceng gondok itu merupakan bekas program pemeliharaan pembersihan enceng gondok prpgram Balai Wilayah Sungai II Sumatera Utara yang dikerjakan rekanan yang dilakukan mulai 19 Maret 2018 kemarin.

"Namun sangat disayangkan enceng gondok yang sudah dibersihkan tidak diangkut dan dibiarkan di perairan sehingga dapat menimbulkan bau busuk. Kami mohonlah supaya segera dibersihkan,"katanya.

Sialagan mengharapkan adanya perhatian dari pekerja proyek tersebut atau pun pemerintah daerah untuk mengangkut tumpukan enceng gondok tersebut.

Sementara, seorang pengunjung, wisata Rinto Siahaan mengatakan sangat terkejut melihat eceng gondok yang berserakan di perairan dan menimbulkan bau Busuk yang menyengat bahkan menjadi limbah yang dapat merusak ekosistem Danau Toba.

Pantauan tribun-medan.com, di kawasan tumpukan enceng gondok tersebut terpasang plang proyek bernama Pembersihan Enceng Gondok Kawasan Danau Toba pekerjaan mulai 19 Maret selama 240 hari kerja dengan anggaran Rp 1,4 miliar. (tmy/tribun-medan.com)

Penulis: Tommy Simatupang
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help