Ramadan 1439 H

Cegah Rumah Dibobol Maling, Ini Tips Wali Kota Medan yang Patut Dicoba, Dijamin Ampuh

Wali Kota T Dzulmi Eldin berpesan agar para pemudik tidak lupa menitipkan rumah yang akan ditinggalkan kepada tetangga maupun kepling.

Cegah Rumah Dibobol Maling, Ini Tips Wali Kota Medan yang Patut Dicoba, Dijamin Ampuh
Tribun Medan/HO
Wali Kota Medan Dzulmi Eldin saat menghadiri acara Koordinasi Tiga Pilar Kebangsaan 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Liska Rahayu

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Lebaran hanya tinggal beberapa hari lagi. Menjelang libur panjang tersebut, tentunya banyak masyarakat yang akan menghabiskan hari rayanya untuk mudik di kampung halaman. 

Mempersiapkan hal tersebut, Wali Kota T Dzulmi Eldin berpesan agar para pemudik tidak lupa menitipkan rumah yang akan ditinggalkan kepada tetangga maupun kepling. Sehingga tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

"Sebelum meninggalkan rumah, lebih dahulu pastikan rumah dalam kondisi terkunci dan pastikan juga seluruh aliran listrik sudah mati. Supaya mencegah terjadinya korsleting," ujarnya, Senin (11/6/2018).

Di samping itu, ia juga mengingatkan agar menjauhkan barang-barang yang mudah terbakar, karena dalam seminggu belakangan ini cuaca cukup panas. Hal tersebut rentan memicu terjadinya kebakaran.

"Warga juga saya minta agar tidak lupa mematikan aliran air maupun gas yang ada di dalam rumah. Selain berbahaya, juga akan merugikan secara materi apabila air dan gas dibiarkan hidup selama rumah kosong ditinggal mudik," katanya.

Guna memberikan rasa aman terhadap rumah yang ditinggalkan, Wali Kota Medan T Dzulmi Eldin juga menginstruksikan kepada seluruh camat, lurah dan kepala lingkungan (kepling) untuk mengawasi dan menjaga rumah warga yang ditinggal mudik di wilayah kerjanya masing-masing.

Dikatakannya, penjagaan dan pengawasan itu dilakukan dengan mengaktifkan kembali siskamling serta berkoordinasi dengan para tetangga di sekitar rumah warga yang pulang mudik. Dengan demikian para tetangga ikut serta melakukan penjagaan sehingga rumah warga yang kosong itu aman dari incaran pencuri.

“Lebaran tinggal beberapa hari lagi, tentunya tidak sedikit warga yang ingin mudik untuk berlebaran bersama keluarga di kampung halamannya. Guna memberikan rasa aman dan tenang bagi warga yang mudik, saya minta camat, lura kepling untuk mengawasi dan menjaga rumah warga yang ditinggal mudik tersebut,” kata Eldin.

Jika dalam penjagaan dan pengawasan yang dilakukan ditemukan hal mencurigakan, Eldin meminta kepada para aparat yang bersentuhan langsung dengan masyarakat agar segera melaporkannya kepada pihak keamanan.

“Untuk itu jalin terus sinergitas dan koordinasi dengan petugas Babinsa dan Babinkantibmas," pungkasnya.

(cr5/tribun-medan.com)

Penulis: Liska Rahayu
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help