Home »

Sumut

Pilgub Sumut

Djarot: Islam dan Kebangsaan Tidak Dapat Dipisahkan

Menurutnya, Islam dan kebangsaan, jangan pernah dipisahkan, sebab cinta tanah air adalah bagian dari iman.

Djarot: Islam dan Kebangsaan Tidak Dapat Dipisahkan
TRIBUN MEDAN/FATAH BAGINDA GORBY
Djarot Saiful Hidayat saat memberikan sambutan dalam acara buka puasa bersama di kediaman Ketua DPC PDIP Kota Tebing Tinggi Iman Irdian Saragih. 

Laporan Wartawan Tribun-Medan, Fatah Baginda Gorby

 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pernyataan Tokoh Nahdatul Ulama KH Hasyim Ashari yakni Hubbul wathon minal iman yang berarti rasa cinta tanah air adalah sebagian dari iman, kembali dikumandangkan oleh Cagub Sumut Djarot Saiful Hidayat.

Menurutnya, Islam dan kebangsaan, jangan pernah dipisahkan, sebab cinta tanah air adalah bagian dari iman.

Hal tersebut diungkapkan Djarot, dalam acara buka puasa bersama di kediaman Ketua DPC PDIP Kota Tebing Tinggi Iman Irdian Saragih, Jalan AMD, Kelurahan Bulian, Kecamatan Bajenis, Kota Tebingtinggi, Minggu (10/6/2018).

"Di dalam Islam itu ada ukuwah Islamoyah dan Ukuwah Wathaniyah persaudaraan sesama Islam dan persaudaraan sebangsa setanah air," katanya.

Baginya, Islam adalah agama rahmatan lil ‘alamin, yang berarti agama yang membawa rahmat dan kesejahteraan bagi semua seluruh alam semesta, termasuk hewan, tumbuhan dan jin, apalagi sesama manusia.

Ia berpesan agar seluruh masyarakat agar memilih pemimpin yang punya pengalaman, rekam jejak yang baik, track record, kapasitas memimpin, agar bisa membawa perubahan di Sumatera Utara, menjadi provinsi yang hebat, yang paten.

Sementara Ketua DPC Kota Tebing Tinggi Iman Irdian Saragih dalam sambutannya menyampaikan empat pilar kebangsaan, yakni pertama Pancasila, sebagai landasan ideologi. Kedua UUD 1945, landasan konstitusional. Ketiga, NKRI, harga mati dan yang keempat Bhinneka Tunggal Ika, berbeda tetap satu juga.

“Ini yang kita tanamkan di hati kita. Insya Allah, kita tidak terpecah belah,” pesannya.

Halaman
12
Penulis: Fatah Baginda Gorby Siregar
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help