Ramadan 1439 H

Kelelahan Biang Laka Lantas, Kadishub Minta Pemudik Tidak Memaksakan Diri saat Berkendara

Saat ini banyak posko-posko di pinggir jalan, Renward mengatakan, lebih baik beristirahat jika memang merasa lelah.

Kelelahan Biang Laka Lantas, Kadishub Minta Pemudik Tidak Memaksakan Diri saat Berkendara
Tribun Medan/ Liska Rahayu
Antrean penumpang di loket PT ALS terlihat sepi, Selasa (5/6/2018). Menurut Staf Operasional Alwi Matondang, biasanya seminggu sebelum lebaran merupakan puncak bagi pemudik tujuan Medan-Jakarta. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Liska Rahayu

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan Renward Parapat mengimbau agar pemudik memeriksa mesin kendaraannya terlebih dahulu sebelum mudik. Ia juga mengingatkan agar pengendara dalam kondisi sehat.

"Kemudian kalau bisa usahakan betul-betul kita merasa sehat. Karena rata-rata kecelakaan itu saat kita merasa mengantuk atau kelelahan, terus dipaksakan," katanya saat dihubungi Tribun-Medan.com, Senin (11/6/2018).

Saat ini banyak posko-posko di pinggir jalan, Renward mengatakan, lebih baik beristirahat jika memang merasa lelah. Ia pun meminta agar pengemudi disiplin dalam berlalu-lintas.

"Hindarkan membawa barang-barang yang berlebihan. Kemudian kalau ke gunung, usahakan berangkatnya jangan terlampau siang, karena orang-orang sudah mau turun, jadi terjadi penumpukan kendaraan," katanya lagi.

Renward mengatakan, Dinas Perhubungan telah melakukan antisipasi dengan pemeriksaan fisik angkutan umum. Namun, masyarakat tetap diiimbau untuk menaik kendaraan umum yang memiliki tiket. Pemudik yang menggunakan angkutan umum juga diminta agar tidak membawa barang-barang yang terlalu menonjol.

"Untuk pemudik dengan sepeda motor, jangan kelebihan penumpang. Jangan bawa barang banyak, digabungnya anak empat orang, diikatnya barang-barang yang ditumpuk, itu harus dihindarkan. Karena itu riskan sekali," ujar Renward.

(cr5/tribun-medan.com)

Penulis: Liska Rahayu
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help