Ini Tips Dr Sundari Menghadapi Cuaca Ekstrem, Perbanyak Minum Air Putih, Konsumsi Sayur dan Buah

Dokter umum dari PMI Kota Medan, dr Sri Sundari mengatakan teriknya cuaca memang mempengaruhi dan mengurangi ketahanan fisik

Ini Tips Dr Sundari Menghadapi Cuaca Ekstrem, Perbanyak Minum Air Putih, Konsumsi Sayur dan Buah
Tribun Medan / Mustaqim
Staf Pelayanan Jasa BBMKG I Medan, Marta Manurung menunjukkan kondisi cuaca yang terpantau satelit melalui layar komputer, Sabtu (8/7/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / M Andimaz Kahfi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Cuaca panas yang begitu melekit bagi kulit manusia, yang dirasakan warga Kota Medan, semakin hari semakin terasa semakin panas. Bahkan cuaca ekstrem ini terus berlangsung hingga saat malam hari tiba.

Operator Pusdalops BP Kota Medan, Fifi mengatakan bahwa cuaca panas ekstrem per hari ini Selasa (12/6/2018) mencapai suhu tertinggi 34 derajat celsius.

"Penyebabnya masih sama, karena adanya pengaruh arah angin dan gangguan udara, serta atmosfer udara yang bergerak dari Samudera Hindia dan Cina selatan," kata Fifi, Selasa (12/6/2018).

Menanggapi cuaca panas ekstrim di Kota Medan, dokter umum dari PMI Kota Medan, dr Sri Sundari mengatakan teriknya cuaca memang mempengaruhi dan mengurangi ketahanan fisik badan dalam menjalankan puasa.

Dokter Sundari memberikan tips ketika sahur diusahakan minum yang banyak dan jangan menyantap makanan yang terlalu banyak digoreng dan asin.

Baca: BMKG Sebut Suhu 36 Derajat di Medan Belum Ekstrem, Minta Warga Kurangi Aktivitas di Luar Ruangan

Baca: Anda Merasa Gerah, Suhu 31 Derajat? Begini Prakiraan BMKG terkait Cuaca Seminggu ke Depan

Dia juga menyarankan jangan minum kopi, karena akan membuat gampang membuang air kecil dan menyebabkan dehidrasi, sehingga kita akan mudah kekurangan cairan.

"Kalau bisa makan-makanan yang secukupnya, dibanyakin sayur, ikan dan jangan terlalu pedas," kata dr Sundari, Selasa (12/6/2018). 

Lebih lanjut, Sundari menjelaskan bahwa untuk masyarakat yang banyak beraktivitas dirumah, sebaiknya lebih banyak istirahat dan untuk yang banyak beraktivitas diluar rumah usahakan jangan terlalu sering terpapar dengan sinar matahari langsung dan kalaupun harus terpaksa banyak kegiatan di luar rumah, jangan terus-terusan dibawah sinar matahari.

Baca: BMKG Memprediksi Hujan Akan Berlangsung Hingga Sore Nanti

"Usahakan sesekali berteduh dan saat buka puasa tiba hindari minuman yang bersoda, kopi, gorengan. Karena akan bisa menyebabkan radang tenggorokan," ucap Sundari.

Ia menambahkan agar di usahakan banyak makan buah dan sayur yang banyak. Makan-makanan yang berkalori dan manis-manis sebenarnya baik, tapi jangan berlebihan.

"Terpenting jangan lupa juga makan vitamin untuk tubuh, seperti vitamin A, B dan C untuk membantu stamina supaya kuat menghadapi cuaca yang sangat ekstrem saat ini. Serta gunakan lotion untuk kulit agar mencegah sinar UV menyerang langsung kulit," pungkas Sundari.

(cr9/tribun-medan.com) 

Penulis: M.Andimaz Kahfi
Editor: Joseph W Ginting
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help