Home »

Sumut

Jelang Lebaran, Polda Sumut Pastikan Stok Daging Aman

Ketersediaan stok daging masih aman pada setiap feed loater memiliki lebih dari 500 ekor sapi hidup, dengan estimasi keseluruhan 2000 ekor sapi.

Jelang Lebaran, Polda Sumut Pastikan Stok Daging Aman
TRIBUN MEDAN/M Fadli Taradifa
Kasubdit I/Indag Kompol Roman Smaradhana Elhaj, melakukan pengecekan stok daging segar di RPH NP 96 Jalan Tani Asli Kampung Lalang Medan dan RPH Mabar Belawan, Rabu (13/6/2018) 

Laporan wartawan Tribun Medan / M Fadli

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Menjelang lebaran Idul fitri, kebutuhan daging sapi mulai mengalami peningkatan.

Namun, tidak perlu dikawatirkan, Polda Sumut mengklaim stok daging menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Ramadhan dan Idul Fitri 1439 H di Sumut masih aman.

Hal tersebut sudah dipastikan berdasarkan pengecekan yang dilakukan Tim Satgas Pangan Provinsi Sumut dari dua lokasi Rumah Potong Hewan (RPH) di Kota Medan, Rabu (13/6/2018).

Direktur Ditreskrimsus Poldasu Kombes Pol Toga Habinsaran Panjaitan melalui Kasubdit I/Indag Kompol Roman Smaradhana Elhaj mengatakan, pengecekan stok daging segar itu dilakukan di RPH NP 96 Jalan Tani Asli Kampung Lalang Medan dan RPH Mabar Belawan.

Setelah mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) di Kantor Disperindag Provinsi Sumut, Tim Satgas Pangan dibagi menjadi dua tim.

Perlu diketahui, tim pertama yang melakukan pengecekan di RPH NP 96 Jalan Tani Asli Kampung Lalang terdiri dari, personil Subdit I/Indag Ditreskrimsus Poldasu, Dinas Perdagangan Provinsi Sumut, KPPU serta Bank BI.

"Sementara, tim kedua juga terdiri dari personil Ditreskrimsus Poldasu, Disperindag Provinsi Sumut, Karantina Medan, serta Balai Perikanan Medan," ujarnya.

Sambung Kompol Roman Smaradhana Elhaj, saat berada di lokasi (RPH NP 96 Jalan Tani Asli Kampung Lalang Medan), milik Ruben Karo-karo, tim pertama mengetahui bahwa hingga pukul 06.00 WIB, sudah sebanyak 36 ekor sapi yang dagingnya didistribusikan dengan harga perkilogram Rp103 ribu di sejumlah lokasi seperti Pasar Sukarame, Pasar Sei Sikambing, dan sejumlah pasar lainnya.

"Daging itu paling banyak didistribusikan di Pasar sukarame. Jumlah stok sapi yang berada di RPH NP 96 sebanyak 40 ekor siap potong. Selain itu, ada 47 ekor sapi titipan yang disiagakan. Hasil yang dicapai, stok sapi siap potong aman menjelang Idul Fitri 1439 H, dengan harga jual ke pedagang sebesar Rp103 ribu perkilogram," sambungnya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fadli Taradifa
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help