Ramadan 1439 H

Mudik ke 2 Kota Sekaligus, Kepala BI Sumut Senang Bisa Lakukan Tradisi Tahunan

Selama masih ada orang tua atau mertua, pasti saat Lebaran pertama setelah selesai Salat Idul Fitri pasti akan ada acara sungkem untuk meminta maaf

Mudik ke 2 Kota Sekaligus, Kepala BI Sumut Senang Bisa Lakukan Tradisi Tahunan
TRIBUN MEDAN/Ayu Prasandi
Wakil Ketua Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sumatera Utara (Sumut), Arief Budi Santoso ditemui saat acara launching pelaksanaan operasi pasar cadangan beras pemerintah (CBP), Kamis (11/1/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Ayu Prasandi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN- Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumut, Arief Budi Santoso memiliki beberapa tradisi yang memang selalu dilakukan saat Lebaran tiba. Ia yang sedang bertugas di Medan pun juga melakukan tradisi mudik untuk bisa berkumpul merayakan Lebaran bersama keluarganya.

“Istilah mudik ada karena misalnya saya ada di Medan kemudian orang tua saya di Jakarta dan mertua saya ada di Solo, maka di Hari Lebaran keluarga saya harus kembali ke Jakarta dan juga Solo karena memang di kota tersebut keluarga saya tinggal,” ujarnya kepada Tribun, Rabu (13/6/2018).

Pria yang akrab disapa Arief ini menuturkan, selama masih ada orang tua atau mertua, pasti saat Lebaran pertama setelah selesai Salat Idul Fitri pasti akan ada acara sungkem untuk meminta maaf dan memohon doa restu kepada orang tua dan mertua.

“Setelah sungkeman barulah akan dilanjutkan dengan berkunjung atau menemui orang-orang yang dituakan di keluarga maupun di sekitar tempat tinggal,” tuturnya.

Tak hanya mudik dan juga sungkeman, saat Lebaran ia juga memiliki beberapa tradisi lain seperti tradisi untuk menyediakan menu makanan dan minuman yang memang harus ada saat Lebaran.

Baca: Bank Indonesia Siapkan Dana 4,1 Triliun Untuk Penukaran Uang di Kota Medan

Baca: Sediakan Mobil Keliling, Bank Indonesia Permudah Penukaran Uang Pecahan untuk Lebaran

“Makanan yang biasanya disiapkan saat Lebaran di keluarga saya adalah Ketupat dengan Opor Ayam, Sambal Goreng Hati Ayam dan Kerupuk. Dan semua makanan tersebut sudah pasti ada saat Lebaran,” ungkapnya.

 Menurutnya, Lebaran merupakan moment yang sangat ditunggu karena bisa berkumpul dengan keluarganya secara lengkap.

 “Karena kalau sudah Lebaran pasti semua mudik dan semua akan berkumpul dan hal tersebut merupakan sebuah hal yang sangat membahagiakan,” tuturnya.

(pra/tribun-medan.com )

Penulis: Ayu Prasandi
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help