Ratusan Mobil Hias akan Ramaikan Pawai Takbiran di Lapangan Merdeka

Meriahkan malam takbiran, Pemerintah Kota (Pemko) Medan akan menggelar pawai takbiran dengan mengendarai mobil hias di Lapangan Merdeka

Ratusan Mobil Hias akan Ramaikan Pawai Takbiran di Lapangan Merdeka

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Liska Rahayu

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Meriahkan malam takbiran, Pemerintah Kota (Pemko) Medan akan menggelar pawai takbiran dengan mengendarai mobil hias di Lapangan Merdeka, Jalan Pulau Pinang, Medan, Kamis (14/6/2018) mendatang. Pawai takbiran ini akan diikuti oleh ratusan mobil hias dari 21 Kecamatan di Kota Medan.

"Pawai takbiran ini akan dimulai sekitar pukul 20.30 WIB. Ratusan kendaraan hias akan mengikuti pawai takbiran. Kita harapkan pawai takbiran ini berjalan dengan lancar dan tertib sehingga tidak menyebabkan terjadinya kemacetan," ujar Wali Kota Medan T Dzulmi Eldin, Rabu (13/6/2018).

Mobil-mobil hias tersebut akan memulai parade dari Jalan Pulau Pinang menuju Jalan Balai Kota, Jalan Guru Patimpus, Jalan Gatot Subroto, Jalan Iskandar Muda, Jalan Gajah Mada, Jalan S Parman, Jalan Sudirman, Jalan Ir H Juanda, Jalan Sisingamangaraja (seputar stadion Teladan) dan berakhir kembali di titik awal.

Untuk mengantisipasi kemacetan, pihak panitia akan mengamankan lokasi pawai, khususnya Lapangan Merdeka. Selain itu, Eldin mengingatkan agar seluruh peserta tertib mematuhi peraturan dan rambu lalu lintas selama pawai berlangsung.

"Jangan sampai pawai takbiran ini sampai mengganggu kemacetan arus lalu lintas, sebab dapat menghilangkan makna kebesaran Asma Allah yang dikumandangkan. Jadi marilah kita jaga ketertiban berlalulintas selama berlangsungnya pawat takbiran,” katanya.

Senada dengan Eldin, Kabag Keagamaan Setda Kota Medan, Adlan mengatakan, kegiatan ini untuk menggaungkan nilai-nilai Islami. Untuk itu, diharapkan pawai takbiran ini dilakukan dengan penuh khusyuk dan tidak ugal-ugalan.

"Harapannya tentunya menambah semarak perayaan Idul Fitri 1439 H. Agar siar Islam lebih berkumandang. Makanya kita harapkan ini adalah takbiran yang sesuai dengan ajaran Islam, tidak ada takbiran ugal-ugalan," ujarnya.

Adlan menjelaskan, akan ada dua titik pelaksanaan pawai takbiran ini. Pertama di Lapangan Merdeka dan kedua di Belawan.

"Di kawasan Belawan, untuk kecamatan di sekitar sana, ada empat kecamatan. Untuk Kecamatan Medan Deli, Medan Labuhan dan Medan Marelan, itu pelaksanaannya di Belawan," jelasnya.

Adlan menambahkan, tidak ada perbedaan pelaksanaan pawai takbiran tahun ini dengan tahun sebelumnya. Namun ia berharap, nilai-nilai Islami akan lebih menggaung pada pawai takbiran tahun ini.

(cr5/tribun-medan.com)

Penulis: Liska Rahayu
Editor: Silfa Humairah
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help