Sosok Genghis Khan Miliki Seribu Gundik, Penelitian: Jejak Genetikanya Menyebar ke 16 Juta Orang

Genghis Khan yang dikenal sebagai kaisar Mongolia juga menguasai sebagaian besar wilayah Asia, seperti China dan Persia

Sosok Genghis Khan Miliki Seribu Gundik, Penelitian: Jejak Genetikanya Menyebar ke 16 Juta Orang
Ilustrasi Genghis Khan. 

TRIBUN-MEDAN.com - Genghis Khan yang dikenal sebagai kaisar Mongolia (1206-1227) juga menguasai sebagaian besar wilayah Asia, seperti China dan Persia.

Ada tradisi yang menarik dalam setiap penaklukan terhadap suatu wilayah yang dilakukan oleh para prajurit Genghis Khan yang terkenal brutal dan kejam.

Mereka suka membantai para pria sementara para wanitanya dijadikan gundik.

Namun sebelum para prajurit Genghis Khan mengambil wanita sebagai gundik, para wanita yang terbaik dan istimewa selalu diberikan kepada Genghis Khan untuk dimasukkan ke haremnya.

Konon karena pasukan Genghis Khan selalu menang perang, maka harem-harem yang dimiliki Genghis Khan jika dijumlahkan isinya mencapai lebih dari 1.000 wanita.

Jumlah gundik Genghis Khan yang mencapai ribuan itu secara mengejutkan bisa terdeteksi ketika pada 2003 dilakukan penelitian genetika di Mongol dan China.

Hasil penelitian menemukan bahwa lebih dari 16 juta pria memiliki unsur  genetika sebagai keturunan Genghis Khan.

Penelitian itu  juga menunjukkan bahwa seseorang yang  begitu berkuasa seperti Genghis Khan dan telah menghamili lebih dari 1.000 wanita ternyata berhasil menciptakan ‘spesies’ tersendiri.

Apalagi Genghis Khan sendiri dikenal telah menikah pada usia 16 tahun.

Dan ketika menjadi penguasa di Mongolia dan sekitarnya, Genghis Khan masih punya banyak waktu untuk mengumpulkan para wanita pilihan di haremnya sekaligus menghamilinya.

Di China sendiri hingga saat ini ada sekitar 1,5 juta orang berdarah Genghis Khan dan para keturunan tinggal di China bagian  utara.

Yang menarik suatu penelitian yang dilakukan terhadap 5.000 pria yang tinggal di kawasan Asia, sebanyak 37,8 persen ternyata memiliki darah keturunan Genghis Khan yang dikenal sebagai Khromosom Y.

Dengan fakta itu maka Genghis Khan yang pernah menjadi Kaisar Mongolia selain dikenal sebagai panglima perang yang super juga sekaligus ‘seorang ayah yang super’ mengingat begitu banyak keturunannya.

Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved