Idul Fitri 1439 H

Lontong dan Ketupat Dominasi Barang Bawaan Pengunjung  di Lapas Kota Pematangsiantar

Barang bawaan seperti lontong, ketupat, kue lebaran, dan buah-buahan menjadi yang paling banyak dibawa pengunjung.

Lontong dan Ketupat Dominasi Barang Bawaan Pengunjung  di Lapas Kota Pematangsiantar
Tribun Medan / Tommy Simatupang
Ratusan pengunjung memadati ruang tunggu untuk menemui keluarga saat Hari Raya Idul Fitri di Lapas Klas IIA Kota Pematangsiantar, Jumat (15/6/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Tommy Simatupang

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Hari Raya Idul Fitri menjadi momen berkunjung bagi setiap warga yang merayakan. Beberapa warga mengunjungi sanak keluarga dengan membawa bingkisan.

Momen ini pun terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Kota Pematangsiantar, Jalan Asahan, Jumat (15/6/2018). Ratusan warga memadati ruang antrean pengunjung. Ratusan warga yang didominasi kaum ibu antre menunggu panggilan masuk.

Amatan tribun-medan.com, saat pengunjung hendak masuk, petugas pintu utama memeriksa barang bawaan. Barang bawaan seperti lontong, ketupat, kue lebaran, dan buah-buahan menjadi yang paling banyak dibawa pengunjung. Seluruh pengunjung disediakan tenda untuk menunggu panggilan masuk.

Seorang pengunjung, Juraini yang datang menjenguk suaminya yang sudah cukup lama di dalam Lapas. Ibu dengan jilbab coklat ini juga membawa seorang anaknya. Setelah mendapatkan giliran masuk, Juraini terlihat senang bercampur sedih.

Ia mengatakan suaminya sangat lahap makan lontong yang dibawanya di dalam rantang empat tingkat tersebut. Ia juga sempat membagikan lontong itu kepada teman suaminya di dalam lapas.

"Mereka kan makan lontong satu kali dalam setahun. Iya, lihatlah habis semua. Tadi bagi juga sama teman-teman suami saya itu. Kasihan juga kan mereka (teman suaminya di dalam Lapas) tak dikunjungi," ujarnya sembari tertawa sesekali mengusap matanya.

Baca: Macet Parah Menuju Brastagi, Mulai dari Simpang Tuntungan, Pakai Rute Alternatif Ini

Baca: Pancurbatu Macet, Mau ke Brastagi Sebaiknya lewat Simalingkar B, Ini Videonya

Juraini mengatakan sudah datang sejak pukul 09.00WIB atau usai shalat Idul Fitri di Lapangan Haji Adam Malik Kota Pematangsiantar.

Kepala Lapas Klas IIA Kota Pematangsiantar, Sukardi Sianturi mengatakan jam berkunjung hingga pukul 16.00WIB sore. Sesuai dengan prosedur, pengunjung yanng masuk melewati persyaratan pemeriksaan.

Ia mengatakan jika momen Lebaran seperti ini memang banyak pengunjung yang membawa lontong, ketupat, kue, dan buah-buahan.

"Biasanya memang saat lebaran seperti ini pengunjung banyak membawa lontong,"ujarnya.

Sukardi mengungkapkan hingga pukul 16.00 WIB nanti, akan terdaftar ribuan pengunjung. Apalagi, ada 2.077 warga binaan di lapas Klas IIA Kota Pematangsiantar. Untuk mengantisipasi ramainya pengunjung ada 32 petugas yang berjaga untuk pemeriksaan.

"Seperti biasanya memang hari pertama itu ramai sekali. Hari kedua sudah turun drastis. Pengunjung kan lebih memanfaatkan hari pertama Lebaran,"pungkasnya.

(tmy/tribun-medan.com).

Penulis: Tommy Simatupang
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help