Penumpang Arus Balik Mulai Padati Stasiun Kereta Api H+4 Lebaran

Usai libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1439 H, arus balik ke Kota Medan mulai terlihat.

Penumpang Arus Balik Mulai Padati Stasiun Kereta Api H+4 Lebaran
TRIBUN MEDAN/ Liska Rahayu
Penumpang arus balik mulai memadati stasiun kereta api di Jalan Stasiun Kereta Api, Selasa (19/6/2018). Puncak arus balik diprediksi pada Minggu (24/6/2018) mendatang. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Liska Rahayu

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Usai libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1439 H, arus balik ke Kota Medan mulai terlihat.

Tidak hanya di terminal bus, stasiun kereta api juga mulai dipadati penumpang. Menurut Humas PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Sumatera Utara Sapto Haryoto, saat ini arus balik kereta api masih lancar dan aman.

"Sejauh ini masih bagus, masih aman terkendali," ucapnya saat dihubungi Tribun Medan, Selasa (19/6/2018).

Ia mengatakan, sejauh ini tingkat kepadatan penumpang terjadi pada H+2. Pada saat itu, kereta api dipadati sekitar 17 ribu penumpang dalam sehari. Meski demikian, Sapto tidak mengatakan jika hal H+2 adalah puncak arus balik.

"Sebenarnya kita programkan itu tanggal 24, karena itu hari terakhir libur. Tapi kita enggak ngerti juga trennya saat ini," ujarnya.

Dikatakannya, jumlah penumpang yang paling banyak untuk arus balik adalah tujuan Binjai ke Medan. Disebutkannya, penumpang dari tujuan tersebut berjumlah 8833 orang. Sementara itu, di urutan kedua ditempati penumpang tujuan Tanjung Balai- Medan.

"Penumpang paling banyak dari Binjai ke Medan, itu 8833 penumpang. Yang kedua itu dari Tanjung Balai ke Medan sebanyak 5389," katanya.

Sebelumnya, pihak kereta api telah menambah sejumlah gerbong, yakni satu gerbong eksekutif, empat gerbong bisnis dan dua gerbong ekonomi. PT KAI juga telah menyelesaikan sejumlah persiapan, diantaranya melakukan pemeriksaan terhadap jalur dan lokomotif yang akan digunakan. Hal ini sebagai upaya pengoptimalisasi penggunaan kereta api saat mudik lebaran.

Sementara itu, Sapto mengatakan, tahun ini penjualan tiket kereta api mengalami peningkatan sebesar 2 persen.

"Tahun lalu, itu realisasi yang kita angkut, pada tahun 2017, 282.330. Tahun ini kita programkan menjadi 286.621," jelasnya.

(cr5/tribun-medan.com)

Penulis: Liska Rahayu
Editor: Silfa Humairah
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help