Pura-pura Salat, Eko Curi Uang di Kotak Amal di Sejumlah Masjid, Gunakan Gunting Baja

Pria ini dengan modus pura-pura menunaikan ibadah salat di beberapa mesjid yang menjadi targetnya.

Pura-pura Salat, Eko Curi Uang di Kotak Amal di Sejumlah Masjid, Gunakan Gunting Baja
Tribun Medan / HO
Eko(42) spesialis bongkar kotak amal di Mesjid, diamankan pihak kepolisian Polsek Medan Helvetia, Kamis (21/6/2018). 

Laporan wartawan Tribun Medan / M Fadli

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN-Seperti pepatah, sepandai-pandainya tupai melompat pasti akan jatuh juga. Pepatah tersebut menggambarkan aksi Eko Kustanto yang pada akhirnya ketahuan oleh Nazir Mesjid.

Eko (42) warga Jalan Perintis Baru nomor 2 Kampung Lalang diamankan pihak kepolisian sektor Helvetia. Pasalnya pria 42 tahun ini diduga melakukan aksi pencurian kotak amal dibeberapa Mesjid di Kota Medan. Pria ini dengan modus pura-pura menunaikan ibadah salat di beberapa mesjid yang menjadi targetnya.

Pada Rabu (20/6/2018) sekitar pukul 14.00 WIB, unit reskrim polsek Medan Helvetia mendapat informasi dari masyarakat bahwasanya ada seorang pelaku pencuri kotak amal di Mesjid Nurul Iman Jalan Anggrek IV Helvetia.

Begitu mendapat informasi, petugas unit reskrim polsek Medan Helvetia menindak lanjuti hal tersebut dan langsung menuju ke lokasi. Sebelumnya pelaku sudah diamankan oleh anggota Nazir Mesjid yang bernama Joko.

Kapolsek Medan Helvetia Kompol Hj Trila Murni membenarkan penangkapan pelaku atas nama Eko Kustanto alias Eko(42).

"saat ini pelaku sudah kami amankan di Polsek Medan Helvetia untuk proses selanjutnya. Kami masih melakukan pengembangan lagi mana tahu masih ada beberapa mesjid yang jadi sasaran oleh pelaku," ujarnya, Kamis (21/6/2018).

Saat melakukan aksinya, Eko mengaku membobol kotak amal dengan cara memotong rumah gembok tersebut. Ia memotongnya dengan gunting potong baja yang selalu ia bawa saat melakukan aksi.

Baca: Satroni Pabrik Kue Bika Ambon, Kawanan Pencuri Diciduk Tim Pegasus, Embat Gula Hingga Telur


Setalah dilakukan interogasi, bahwa Eko melakukan aksinya di beberapa Mesjid yakni, Mesjid di Jalan Stasiun kampung lalang, Mesjid di Jalan Klambir V, Mesjid Amanah Jalan Pasar Merah (terekam cctv) dan Mesjid Amanah di Jalan Bromo yang sempat viral di sosial media.

Dari tangan pelaku, polisi berhasil amankan dua buah kotak amal, dua buah gunting potong baja. Mancis tembak, dua buah obeng, satu hp. Gunting kertas dan uang Rp 1,7 juta serta tas pinggang warna hitam.

(cr3/tribun-medan.com)

Penulis: Muhammad Fadli Taradifa
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help