Piala Dunia

Bukan Timnas Brasil atau Jerman, Inilah Tim yang Bakal Jadi Juara Piala Dunia 2018

BBC Sport mencoba memprediksi tim yang akan juara dengan mengkaji tren, statistik, dan pola dalam turnamen-turnamen terdahulu.

Bukan Timnas Brasil atau Jerman, Inilah Tim yang Bakal Jadi Juara Piala Dunia 2018
Ilustrasi 

BBC Sport mencoba memprediksi tim yang akan juara dengan mengkaji tren, statistik, dan pola dalam turnamen-turnamen terdahulu. Dari sini disimpulkan tim yang paling berpeluang menjadi juara.

Setelah dikaji, untuk bisa menjadi juara, maka tim yang berlaga di Piala Dunia 2018...

Harus masuk daftar unggulan

Sejak jumlah peserta Piala Dunia ditambah menjadi 32 tim pada 1998, tim yang pada akhirnya juara adalah tim unggulan.

Sejarah mencatat, sejak 1980-an hanya ada satu tim bukan unggulan yang keluar sebagai juara, yaitu Argentina pada 1986, di bawah kepemimpinan Diego Maradona.

Nama Maradona menjadi perbincangan ketika itu, tak hanya karena mengantarkan Argentina menjadi juara, juga karena gol 'Tangan Tuhan' yang ia masukkan ke gawang Inggris di babak perempat final.

Berdasarkan kriteria ini, maka peluang 24 tim untuk menjadi juara biasa dikatakan sangat kecil dan pada saat yang kita akan memiliki delapan tim yang punya kans besar untuk juara, yaitu: Prancis, Jerman, Brasil, Portugal, Argentina, Belgia, Polandia, dan Rusia.

Jangan menjadi tuan rumah

Rusia diuntungkan dengan sistem yang telah berjalan selama 44 tahun, yang selalu menempatkan tuan rumah sebagai salah satu unggulan.

Di peringkat FIFA Rusia hanya menempati posisi 66, yang artinya negara itu tak bisa masuk daftar tim unggulan seandainya tak menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Perlu dicatat bahwa menjadi tuan rumah bukan rute terbaik menuju juara walau sepanjang 11 turnamen pertama -dari 1930 hingga 1978- memang terdapat lima tuan rumah yang menjadi juara.

Timnas Rusia.
Timnas Rusia. (Telegraph)

Namun sejak itu, dalam sembilan turnamen terakhir, hanya ada satu tuan rumah yang juara, yaitu Prancis pada 1998.

Halaman
1234
Editor: Liston Damanik
Sumber: bbc
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help