Penjualan Dikangkangi Xpander, Masa Depan Avanza-Xenia ada di DN Multisix, Ini Kata Pihak TAM

DN Multisix muncul pameran otomotif pada Agustus 2017, banyak pihak mengira model MPV itu adalah penerus Xenia atau Avanza

Penjualan Dikangkangi Xpander, Masa Depan Avanza-Xenia ada di DN Multisix, Ini Kata Pihak TAM
Konsep Daihatsu DN Multisix, Kamis (10/8/2017).(Ghulam/KompasOtomotif) 

TRIBUN-MEDAN.com - Saat konsep baru DN Multisix muncul pameran otomotif pada Agustus 2017, banyak pihak mengira model MPV itu adalah penerus Xenia atau Toyota Avanza.

Ternyata, sudah dikonfirmasi, dan jawabannya bukan.

“Seluruhnya tidak mirip, itu sudah pasti, kan beda,” kata Executive General Manager Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto, Senin (4/6/2018), saat ditanya seberapa mirip generasi baru Avanza dengan DN Multisix.

Ditinjau dari konsep dasar, sesuai namanya, DN Multix hanya muat enam penumpang. Sedangkan seperti kita tahu selama ini Xenia-Avanza didesain untuk tujuh penumpang.

Selain itu, DN Multisix bergerak menggunakan roda depan sementara Avanza-Xenia roda belakang.

Sungguh menjadi lompatan besar bila Avanza-Xenia berubah seperti DN Multisix.

Konsep Daihatsu DN Multisix
Konsep Daihatsu DN Multisix (Febri Ardani/Otomania.com)

Makanya beredar juga anggapan DN Multisix nantinya jadi produk MPV low baru, muat enam penumpang dan berpenggerak roda depan, yang berdampingan dengan Avanza-Xenia.

Soerjopranoto tidak mau memberikan detail soal generasi baru Avanza, namun dia sudah kasih sinyal-sinyal penting.

Dua poin yang diungkap, Avanza tidak akan berubah jadi berpenggerak roda depan dan meluncur setelah Pemilihan Presiden 2019.

Seperti yang diketahui pada tahun 2018 ini penjualan Mitsubishi Xpander mengalahkan penjualan si kembar Xenia dan Avanza pada produk low MPV.

Berdasarkan data penjualan wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Mitsubishi Xpander pada Februari 2018 mengalahkan Toyota Avanza.

Penjualan Xpander yang sebelumnya 7.079 unit (Januari) naik menjadi 7.400 unit, sedangkan Avanza dari 7.543 unit (Januari) turun menjadi 6.773 unit.

Mitsubishi terus memperluas jaringan layanan dengan memperbanyak jumlah dealer di sejumlah wilayah, termasuk tujuh dealer baru yang bakal dibangun di Provinsi Jawa Timur pada tahun fiskal 2018.

Bertambahnya jumlah dealer otomatis membuat Mitsubishi mematok target pangsa pasar yang lebih tinggi. Pajero Sport menjadi salah satu andalan. Di sisi lain, Mitsubishi juga terus mendorong agar keluaran terbarunya, Xpander, makin banyak terjual.

Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved