Kapal Tenggelam

Salurkan Bantuan, Menteri Sosial Perintahkan Bupati Data Warganya yang Jadi Korban KM Sinar Bangun

Banyak keluarga korban yang menangis dan mengadu. Tampak Idrus sesekali memeluk korban yang menangis.

Salurkan Bantuan, Menteri Sosial Perintahkan Bupati Data Warganya yang Jadi Korban KM Sinar Bangun
TRIBUN MEDAN/TOMMY SIMATUPANG
Menteri Sosial Idrus Marham meninjau keluarga korban KM Sinar Bangun di Dermaga Tigaras, Simalungun, Minggu (24/6/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Tommy Simatupang

TRIBUN-MEDAN.com, TIGARAS - Seminggu pencarian, Menteri Sosial Idrus Marham mengunjungi korban KM Sinar Bangun di Dermaga Tigaras, Kabupaten Simalungun, Minggu (24/6/2018) siang.

Baca: Tercatat dari 206 Korban KM Sinar Bangun, 70 Persen Masih Usia Muda, Lihat Rinciannya

Baca: Tagihan di Rumah Makan Ini Bikin Geleng Kepala, Warganet: Dicolek Dikit Kuahnya Dah Masuk Hitungan

Baca: 6 Tanda Gangguan Ginjal, Mulai dari Perubahan Buang Air Kecil hingga soal Jerawat, Simak!

Tim SAR bersama petugas gabungan akhirnya berhasil mengevakuasi boat pancing yang mati mesin bersama awaknya yaitu tiga turis asing dan dua warga Sabang di perairan Sabang, Jumat (22/6/2018).
Tim SAR bersama petugas gabungan akhirnya berhasil mengevakuasi boat pancing yang mati mesin bersama awaknya yaitu tiga turis asing dan dua warga Sabang di perairan Sabang, Jumat (22/6/2018). ()

Idrus juga sempat berbincang dengan keluarga korban di tenda Dapur Umum. Banyak keluarga korban yang menangis dan mengadu.

Tampak Idrus sesekali memeluk korban yang menangis.

Di dalamm tenda, Idrus memberikan bantuan dana secara simbolis kepada keluarga korban selamat dan yang belum ditemukan.

"Saya datang kemari atas perintah presiden. Hari ini kami berikan juga mobil untuk dapur umum. Untuk keluarga bisa kita urusi untuk makan dan keperluan lain," ujarnya.

PENCARIAN KORBAN KAPAL TENGGELAM - Tim gabungan terdiri dari Basarnas, TNI dan Polri melakukan pencarian korban kapal tenggelam menggunakan kapal milik Dinas Perhubungan Sumut, di perairan Danau Toba, Simalungun, Selasa (19/6/2018). (Tribun Medan/Riski Cahyadi)
PENCARIAN KORBAN KAPAL TENGGELAM - Tim gabungan terdiri dari Basarnas, TNI dan Polri melakukan pencarian korban kapal tenggelam menggunakan kapal milik Dinas Perhubungan Sumut, di perairan Danau Toba, Simalungun, Selasa (19/6/2018). (Tribun Medan/Riski Cahyadi) (Tribun-medan.com/ Riski Cahyadi)

Idrus menyampaikan setiap korban mendapatkan bantuan sebesar Rp 15 juta. Ia menyampaikan dalam situasi bencana seperti ini tidak boleh lagi ada kecurigaan. Apalagi, 18 korban selamat, kata Idrus perlu diberikan pengobatan psikologi.

"Semua kita berlakukan. Ada yang bantuan-bantuan lain nnti. Senua keluarga korban kita bantu. 18 orang (selamat) perlu diberikan pengobatan. Karena sudah trauma," tambahnya.

Untuk pemberian bantuan Rp 15 juta bagi setiap keluarga korban, Idrus menegaskan kepala daerah atau bupati segera melakukan pendataan. Menurutnya, bupati yang memiliki kepala desa, lurah, dan camat paling mengetahui warganya.

Perihal twarga luar Sumatera Utara, Idrus mengatakan kepala daerah bisa memberikan rekomendasi. Ia juha menegaskan pemerintah tidak boleh lagi mrlibatkan keluarga korban untuk pendataan.

Baca: 5 Fakta di Balik Tragedi Dua Kapal Tenggelam dalam Kurun Waktu 5 Hari

Baca: Tangisan Hotman Paris Melihat Korban Kapal Tenggelam Tanpa Pertolongan, Cabut Izin Kaptennya

Baca: Lupakan Mimpi Danau Toba Jadi Monaco of Asia, Jika Tragedi Kapal Tenggelam Terus Terulang

"Ini tak ada manifest. Senua data kita minta dari bupati. Atas dasar surat dari bupati kita bantu. Kita kembalikan ke bupati. Ini bupati yang bertanggung jawab," ujarnya.

"Kalau ada masyarakat dari Aceh. Bagaiamana ngurusnya, itu bupati. Jangan libatkan korban tapi pemerintah. Kalau perlu kehadiran negara. Bupati-bupati jangan pas dipilih baru hadir. Ini tanggung jawab bupati,"tambahnya.

Setelah mengunjungi keluarga korban, Idrus juga turut melihat proses pencarian korban atau bangkai Kapal KM Sinar Bangun.

Seperti diketahui, tim gabungan pencarian masih mencari 184 korban yang belum ditemukan. (tmy/tribun-medan.com)

Penulis: Tommy Simatupang
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help