Kedai Tok Awang

Jangan Yakin Kali, Nanti Bisa Nangis

Kalaulah ada skenario yang mudah kenapa ambil yang payah. Peluang mesti dihitung dengan cermat.

Jangan Yakin Kali, Nanti Bisa Nangis
AFP PHOTO/FRANCISCO LEONG
PEMAIN Portugal, Cristiano Ronaldo (kiri), bercanda dengan rekannya Pepe pada sesi latihan tim nasional Portugal jelang laga kontra Iran yang digelar 26 Juni 2016 dinihari WIB. 

PIALA Dunia 2018 sudah masuk pada saat-saat yang menegangkan. Beberapa negara sudah mengepak koper dan siap-siap pulang walau masih harus bermain. Arab Saudi dan Mesir sama- sama sudah tak lagi punya peluang lolos dari grup A. Grup ini akan mengirim Uruguay dan tuan rumah Rusia sebagai wakil. Tinggal menentukan siapa yang jadi juara dan siapa runner up.

Situasi berbeda terjadi di Grup B dan Grup C. Di Grup B, hanya Maroko yang sudah memastikan pulang ke negaranya. Tiga negara lain, yaitu Portugal, Spanyol, dan Iran masih berpeluang. Pula demikian Grup C. Perancis, Denmark, dan Australia berebut dua tiket.

Perancis sebenarnya sudah pasti lolos. Mereka sudah mengemas enam poin. Hanya saja, Perancis bisa lolos sebagai runner up apabila di laga terakhir kalah dari Denmark yang sudah mengemas poin empat. Sebaliknya, Denmark bisa tidak lolos jika kalah dari Perancis dan di saat yang sama, Australia menang lebih dari dua gol melawan Peru yang sudah lebih dulu masuk kotak.

"Perancis dan Denmark sebenarnya di atas angin. Cukup main seri masuklah barang itu dua- duanya. Cuma, ini, kan, Piala Dunia. Gengsi main juga. Perancis enggak akan lepas pertandingan ini. Mereka mau masuk 16 besar dengan penuh gaya. Begitu juga Portugal dan Spanyol," kata Wak Razoki.

Lek Tuman yang sedang bermain catur dengan Zainuddin menyahut. "Gaya tinggal gaya, Wak. Kalau kebanyakan gaya juga bisa tesungkur. Ini Piala Dunia, hitung-hitungannya ngeri. Silap sikit malah hancur."

Zainuddin menimpali. "Saya sepakat dengan Pak Kep. Sepakat juga sama Wak Razoki. Perancis pastilah sudah lihat kekuatan di grup sebelah. Kaloklah jadi runner up, Kroasia yang dihadapi. Mereka akan main lebih hati-hati."

"Itu dia, Pak Guru," kata Wak Razoki. "Kroasia sedang gila-gilanya. Aku rasa bukan cuma Perancis, bukan cuma Denmark dan Australia. Sekarang ini tim manapun pasti akan mencoba menghindari mereka."

FOTO combo pemain Perancis, Denmark, dan Australia
FOTO combo pemain Perancis, Denmark, dan Australia (AFP PHOTO/HECTOR RETAMAL/FABRICE COFFRINI)

Lek Tuman menggeleng-gelengkan kepalanya. "Kalau saya melihatnya berbeda. Kalaulah ada skenario yang mudah kenapa ambil yang payah. Betul, kalok menang, Denmark akan jadi juara grup dan terhindar dari Kroasia. Bagaimana kalok kalah? Bisa nangis mereka kalok Australia menang dari Peru. Runner up pun tak dapat."

"Jadi menurut Pak Kep, Perancis dan Denmark akan main aman?" tanya Wak Razoki.

"Kurasa begitu."

Halaman
123
Penulis: T. Agus Khaidir
Editor: T. Agus Khaidir
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved