Bukti Bahaya Botol Air Mineral Ditaruh dalam Mobil Bisa Terbakar, Jangan Sembarang!

Botol plastik yang terkena cahaya matahari bisa bertindak sebagai lensa dan memiliki energi tinggi untuk membakar benda.

Bukti Bahaya Botol Air Mineral Ditaruh dalam Mobil Bisa Terbakar, Jangan Sembarang!
ilustrasi kolase/serambi

TRIBUN-MEDAN.COM - Buat Anda yang kerap membawa air mineral dalam kemasan botol plastik dan suka menaruhnya begitu saja di dalam mobil? Ada baiknya, Anda memperhatikan hal berikut.

Ternyata, tidak hanya buruk untuk kesehatan, tapi juga bisa membakar benda seperti jok mobil. Apalagi bila botol kemasan berada di dalam mobil selagi cuaca sedang panas.

Diwartakan Live Science, Minggu (24/6/2018), botol plastik yang terkena cahaya matahari bisa bertindak sebagai lensa dan memiliki energi tinggi untuk membakar benda.

Hal ini pun sudah terbukti lewat sebuah video yang dibagikan Idaho Power. Dalam rekaman itu, ia memperlihatkan bagaimana botol plastik yang terkena matahari bisa membuat dua lubang kecil pada jok mobilnya.

Baca: Polisi Tetapkan 4 Tersangka Kasus Tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba

Baca: Foto Hoaks Kapal Sinar Bangun di Dasar Danau Toba Beredar, Ini Penjelasan BNPB

 

Ada juga perusahan air Rusia yang menjual air dengan desain botol berbentuk bola sepak dan botol ini dapat berperan sebagai lensa matahari yang sempurna. Dalam sebuah video, botol berbentuk bola itu bisa membakar sekotak korek api dan juga lantai laminasi.

" Botol plastik bertindak seperti lensa dan memfokuskan sinar matahari yang masuk lewat jendela mobil," kata Odile Madden, ilmuwan material dari Institut Konservasi Getty, Los Angeles kepada Live Science.

Madden menjelaskan, sinar matahari terdiri dari banyak foton atau partikel subatom yang bergerak dalam garis lurus. Saat botol bertindak seperti lensa, maka ia akan mengarahkan foton bertemu pada satu titik.

Baca: Kehilangan Cincin Berlian Harga Rp 350 Juta, Inul Daratista Malah Ditertawai Suaminya

Baca: Mau Nyoblos Cukup Bawa e-KTP atau Suket ke TPS

"Ini seperti memfokuskan banyak cahaya ke titik sangat kecil dan mengeluarkan semua energi panas sehingga benda dapat meleleh dan terbakar," jelas Madden.

Hal yang mengejutkan Madden dari botol plastik di dalam mobil adalah sinar matahari yang masuk melewati jendela masih memiliki energi panas untuk menembus plastik botol dan menyebabkan pembakaran.

"Dapat dibayangkan jika hari sangat panas, akan terjadi sesuatu yang lebih parah," ungkapnya.

Halaman
12
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help